Gubernur: GMT tingkatkan perekonomian Sumsel

id alex noerdin, gubernur sumsel, gerhana matahari total, gerhana matahari, ekonomi sumsel

Gubernur: GMT tingkatkan perekonomian Sumsel

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengatakan gerhana matahari total di Palembang, Rabu (9/3) mampu meningkatkan perekonomian masyarakat daerah ini.

Banyak wisatawan nusantara dan mancanegara yang berkunjung ke Sumsel untuk menyaksikan gerhana matahari total (GMT) itu, kata Gubernur Sumsel itu, di Palembang, Kamis.

Wisatawan yang sengaja menyaksikan gerhana matahari total tersebut bukan hanya ingin melihat fenomena alam yang langka tersebut, tetapi juga untuk berbelanja, ujarnya lagi.

"Mereka datang juga berburu kuliner maupun membeli busana khas Sumsel," katanya lagi.

Selain itu, hotel dan penginapan di Kota Palembang juga penuh, sehingga berdampak positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat di sini, ujar dia pula.

Menurut Alex, makanan khas Palembang seperti pempek banyak diborong oleh wisatawan itu, termasuk pakaian khas untuk dijadikan cenderamata dan oleh-oleh dari Sumsel.

Dia menegaskan bahwa fenomena alam GMT itu telah memberi dampak yang positif bagi masyarakat daerahnya.

Pihaknya juga mengaku sangat puas dengan terselenggara Festival Gerhana Matahari Total yang telah berhasil menarik ribuan wisatawan berkunjung ke Sumsel.

"Gerhana seperti ini dapat terjadi ratusan tahun lagi dan pengaruhnya sangat luar biasa," katanya pula.

Wisatawan yang datang itu memborong pakaian, martabak, pempek, sehingga dampak adanya gerhana matahari total sangat positif dalam meningkatkan perekonomian daerah ini, ujar Alex lagi.

Fenomena GMT dapat disaksikakan oleh ribuan masyarakat di atas Jembatan Ampera Palembang pada Rabu (9/3).

Jembatan bersejarah ikon Kota Palembang itu menyambut GMT, ditutup mulai pukul 00.00 WIB, sehingga warga dan wisatawan leluasa melihat fenomena alam yang langka tersebut.