Dinsos Sumsel tingkatkan kepedulian terhadap lansia

id dinas sosial sumsel, kepala dinas sosial, belman karmuda, lansia, orang tua, masyarakat miskin, Program Perbaikan Kamar Lansia

Dinsos Sumsel tingkatkan kepedulian terhadap lansia

Ilustrasi - Rusmihan srikandi pejuang kemerdekaan wanita Sumatera Selatan kini tinggal di panti jompo (Foto Antarasumsel.com/Evan Ervani/15)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan pada 2016 ini berupaya meningkatkan kepedulain terhadap orang tua lanjut usia terutama dari kalangan masyarakat miskin.

Untuk meningkatkan kepedulian tersebut, akan dilanjutkan sejumlah program seperti "Program Perbaikan Kamar Lansia" yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir dengan tujuan untuk membantu masyarakat miskin yang telah lanjut usia agar hidup layak dan sejahtera di usia senjanya, kata Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, untuk melanjutkan program tersebut, sekarang ini sedang dilakukan berbagai persiapan dan pendataan siapa saja masyarakat yang lanjut usia (lansia) dan dinilai pantas mendapatkan bantuan, 

Dengan keterbatasan dana yang tersedia, program kepedulian sosial tersebut akan dilaksanakan secara selektif sehingga bisa dihindari penyimpangan atau salah sasaran, katanya.

Dia menjelaskan, dalam setahun terakhir "Program Perbaikan Kamar Lansia" difokuskan di sejumlah daerah seperti Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir.

Program tersebut akan terus dikembangkan ke sejumlah daerah Sumsel lainnya sesuai dengan hasil pendataan lansia yang layak dibantu.

Dalam proses penentuan lansia yang tepat menerima program tersebut, pihaknya melakukan pengecekan persyaratan seperti kebenaran seoarang lansia berasal dari keluarga kurang mampu, dan rumah yang dihuni milik sendiri atau anaknya, kata dia.