39 tim ikut Kejuaraan Arung Jeram

id arung jeram, kejuaraan arung jeram

39 tim ikut Kejuaraan Arung Jeram

Kejuaraan arung jeram di air terjun Curup Tenang Bedegung Kabupaten Muaraenim Sumsel (Foto: antarasumsel.com/ Banu/15)

Muaraenim, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 39 tim dari dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muaraenim dan swasta mengikuti kejuaraan arung jeram dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 69 kabupaten tersebut.

Kegiatan arung jeram yang diikuti 39 tim peserta putra dan putri ini berlangsung di lokasi air terjun Curup Tenang Bedegung Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muaraenim Sumatera Selatan, Selasa.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Air terjun Bedegung dan Arung Jeram, Juhartono di Muaraenim mengatakan bahwa kegiatan arung jeram yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata setempat menyediakan sejumlah hadiah menarik bagi para pemenang.

Pihak penyelenggara menyediakan hadiah menarik bagi juara satu berupa uang pembinaan dari Pemprov Sumsel sebesar Rp7,5 juta, pemenang kedua Rp6 juta dan ketiga Rp4 juta dan juara harapan empat,lima dan enam masing-masing diberikan uang pembinaan sebesar Rp2 juta.

Ditambah lagi uang pembinaan dari Pemkab Muaraenim masing-masing juara pertama Rp3,5 juta, juara dua Rp2,5 juta, juara tiga Rp2 juta, juara harapan satu, dua dan tiga putra dan putri Rp1,5 juta.

Sementara Camat Tanjung Agung, Asrul Yahya menambahkan kejuaraan arung jeram di lokasi objek wisata air terjung Curup Tenang Bedegung tentunya akan menjadikan objek wisata tersebut dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat.

Ia yakin, kejuaraan arung jeram ini dapat menarik minat wisatawan dari luar kota juga mancanegara untuk melihat objek wisata alam air terjun yang pesonanya sangat elok untuk dilihat dan dikunjungi.

Menurut dia, objek wisata air terjun Curup Tenang atau Bedegung merupakan salah satu dari beberapa air terjun yang ada di Kecamatan Tanjung Agung.

Objek wisata lain yang dimiliki Kecamatan Tanjung Agung antara lain air terjun Lemutu, Air Terjun Anak Tehis, dan yang baru-baru ini warga mengenalkan air terjun baru bernama Curup Selingsih di Dusun III Desa Tanjung Agung.

Ia menilai, objek wisata yang ada ini merupakan aset daerah jika dikelola dengan baik dan diharapkan bisa menjadi sumber bagi pendapatan asli daerah.