Rekor gol Bundesliga masih milik Mueller diusia 70 tahun

id Gerd Mueller, gol, liga utama Jerman, Bundesliga

Rekor gol Bundesliga masih milik Mueller diusia 70 tahun

Ilustrasi (REUTERS/Sergio Perez)

Berlin, (ANTARA/AFP) - Gerd Mueller yang berulang tahun ke-70 tetap masih memegang rekor 40 gol di satu musim liga utama Jerman (Bundesliga), dan rekornya itu masih belum terpecahkan.

Mueller yang pernah menjadi bomber timnas Jerman sedang menjalani perawatan Alzheimer di sebuah rumah perawatan di Jerman dan legenda Bayern Munich dan timnas Jerman itu berulang tahun ke-70 pada Selasa.

Selama karirnya, Mueller menjadi top skorer di Bundesliga selama tujuh pertandingan.

Tak seorangpun mampu mendekati rekor dia yang mencetak 40 gol di liga utama Jerman pada musim 1971/72, hingga sekarang.

Namun baru-baru ini striker Bayern Munchen Robert Lewandowski telah mencetak 13 gol dalam 11 pertandingan liga utama Jerman.

Pada tahapan musim yang sama di 1971, Mueller hanya mencetak enam gol, sedangkan Lewandowski hanya butuh sembilan menit untuk mencetak lima gol melawan Wolfsburg pada September.

Pemain asal Polandia itu berharap mampu kembali menggebrak untuk menambahkan 17 gol yang telah dicetaknya di seluruh kompetisi bagi Bayern musim ini ketika timnya bertanding di kandang melawan Arsenal pada Rabu di Liga Champion.

Namun striker berusia 27 tahun itu menyatakan rekor Mueller yang lebih di 34 pertandingan liga masih terlalu jauh untuk bisa dikerjar.

"Itu masih jauh," kata Lewandowski.

"Anda butuh mencetak dua atau tiga gol di setiap pertandingan, dan anda bisa bayangkan itu," katanya.

"Ketika anda melihat ke rekor pencetak gol di liga, namanya hampir ada bersama setiap orang, itu menunjukkan bahwa dia seorang pemain hebat," tambahnya.

Bayern memenangi gelar pada musim 71/72 dengan mengumpulkan 22 angka dan Mueller sendiri mencetak lima dan empat gol di dua pertandingan liga yang terpisah.

Dia juga mencetak trigol tidak kurang dari empat pertandingan berikutnya.

Lewandowski sudah menyamai salah satu rekor Mueller musim ini dengan mencetak sembilan gol setelah tujuh pertandingan liga, yang dicatan Mueller pada musim 1973/74.

"40 gol adalah jumlah yang besar tapi dengan penampilan Robert saat ini semuanya menjadi mungkin," kata rekan satu tim Lewandowski yaitu David Alaba.
(Penterjemah: Uu.SYS/C/A. Budiman)