Rafflesia mekar di hutan Boven Lais

id raflesia, raflesia bengkulu

Rafflesia mekar di hutan Boven Lais

Bunga raflesia (Foto Antarasumsel.com/15/Aw)

Bengkulu (ANTARA Sumsel) - Satu kuntum bunga Rafflesia gadutensis ditemukan mekar di dalam kawasan Hutan Lindung Boven Lais Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu.

Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Sofian Ramadhan di Bengkulu, Senin mengatakan lokasi bunga mekar sudah diberi tanda oleh anggota KPPL Bengkulu Utara sehingga memudahkan pengunjung untuk menikmati keunikan bunga langka itu.

"Lokasi bunga mekar dijaga oleh anggota KPPL Bengkulu Utara karena pengalaman sebelumnya dua calon bunga dirusak hingga gagal mekar," katanya.

Ia mengatakan, bunga langka tersebut diperkirakan mekar sempurna pada Selasa (3/11) dan masih dapat dinikmati hingga empat hari ke depan.

Untuk menjangkau lokasi, pengunjung harus berkendara selama dua jam dari Kota Bengkulu menuju Argamakmur, Ibukota Kabupaten Bengkulu Utara. Selanjutnya memasuki kawasan wisata air terjun Palak Siring yang dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dan empat selama 10 menit dari Kota Argamakmur.

Bunga Rafflesia gadutensis berbeda dengan bunga Rafflesia arnoldii yang menjadi ikon Provinsi Bengkulu. Dari segi ukuran, rafflesia jenis gadutensis lebih kecil dibanding arnoldii.

Rafflesia jenis gadutensis pertama kali ditemukan di wilayah Sumatera Barat. Nama gadutensis berasal dari Ulu Gadut, nama sebuah bukit di Provinsi Sumatera Barat.

"Memang pertama kali ditemukan di Sumatera Barat tapi juga tumbuh di sebagian wilayah Bengkulu, termasuk Hutan Lindung Boven Lais," ucap Sofian.

Sofian menambahkan bahwa hingga kini komunitas yang dikoordinirnya telah menemukan tiga jenis rafflesia di hutan Bengkulu yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis dan Rafflesia gadutensis.

Selain tiga jenis rafflesia tersebut, terdapat satu jenis rafflesia lainnya yang tumbuh di hutan Bengkulu yakni Rafflesia hasselti.