Wapres ingatkan peningkatan kesejahteraan nelayan juga penting

id wapres, jk, wapres jk, peningkatan kesejahteraan nelayan, nelayan, kesejahteraan, tingatkan kesejahteraan, perikanan

Wapres ingatkan peningkatan kesejahteraan nelayan juga penting

Wapres Jusuf Kalla (FOTO ANTARA)

...Tentu tujuan seorang menteri bukan hanya membakar (menenggelamkan kapal), tetapi juga membangun. Membangun berarti meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kesejahteraan...
Tangerang Selatan (ANTARA Sumsel) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan pentingnya meningkatkan kesejahteraan nelayan dan pembudi daya ikan di samping melakukan penegakan hukum dengan pembakaran kapal penangkap ikan ilegal.
       
"Tentu tujuan seorang menteri bukan hanya membakar (menenggelamkan kapal), tetapi juga membangun. Membakar untuk menegakkan hukum, membangun berarti meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kesejahteraan," kata Jusuf Kalla saat membuka Indonesia Aquaculture 2015 di Tangerang Selatan, Kamis.
       
Menurut Wapres, dalam kabinet sekarang ini memang menteri yang paling terkenal adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti karena melakukan tindakan penenggelaman kapal dengan berani.
       
Kalla mengapresiasi hal tersebut karena tindakan penenggelaman kapal yang diduga sebagai kapal pencuri ikan intinya merupakan bentuk penegakan hukum oleh aparat pemerintah.
       
Wapres juga menyayangkan bahwa orang kerap bertanya-tanya kepada pemerintah mengapa hukum tidak ditegakkan, tetapi saat ditegakkan malah tindakan itu dipertanyakan.
       
Sebelumnya, Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) menginginkan pemerintah Presiden Joko Widodo dan segala jajarannya agar jangan hanya terpaku kepada pemberantasan pencurian ikan tetapi mengutamakan peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir.
       
"Presiden Jokowi dan Kabinet Kerjanya tidak boleh terpaku pada urusan 'IUU Fishing' (pencurian ikan) semata," kata Sekretaris Jenderal Kiara Abdul Halim ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (20/10).
       
Ia menyatakan bahwa pemberantasan pencurian ikan merupakan upaya kecil dari kewajiban negara dalam rangka menyejahterakan masyarakat pesisir.
       
Menurut dia, hal yang terpenting adalah meningkatkan kesejahteraan dengan kemudahan mobilitas dan kebutuhan pokok yang terjangkau dan berkualitas di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.
       
Untuk itu, lanjutnya, hal yang dapat dilakukan dalam jangka pendek antara lain adalah menyambungkan pengelolaan sumber daya laut seperti ikan dan garam dari hulu ke hilir.