Irlandia taklukkan Jerman 1-0

id Thomas Mueller, irlandia, jerman, timnas sepak bola, sepak bola, kualifikasi piala eropa, piala eropa 2016,

Irlandia taklukkan Jerman 1-0

Ilustrasi (ANTARA FOTO)

Dublin, (ANTARA/Reuters) - Irlandia mengejutkan juara dunia Jerman dengan kemenangan 1-0 berkat gol Shane Long pada menit ke-70 pada Kamis, untuk membuat persaingan di Grup D kualifikasi Piala Eropa 2016 terbuka lebar dan memelihara peluang mereka untuk mengamankan tiket ke putaran final dengan satu pertandingan tersisa.    
Long memanfaatkan bola dari kiper pengganti Darren Randolph untuk menaklukkan kiper Jerman Manuel Neuer, dan membawa Irlandia, yang akan mengunjungi Polandia pada Minggu, kini memiliki 18 angka, jumlah yang sama dengan koleksi angka lawan mereka selanjutnya.

Pemuncak klasemen grup Jerman, yang memiliki 19 angka dan hanya memerlukan hasil imbang untuk melaju di Dublin, selanjutnya akan menjamu Georgia.

"Ini menakjubkan, bahkan untuk menjadi bagian dari malam ini, bermain melawan juara dunia di kandang namun keluar dengan mencetak gol kemenangan merupakan perasaan luar biasa," kata Long kepada Sky Sports.

Jerman mendapat pukulan menjelang pertandingan, di mana kapten Bastian Schweinsteiger dipastikan harus absen beberapa jam sebelum pertandingan dimulai setelah ia mendapat cedera pangkal paha pada sesi latihan terakhir mereka.

"Apa yang terjadi adalah apa yang terjadi dengan tim-tim seperti Irlandia dan bahwa kami banyak menguasai bola," kata bek Jerman Mats Hummels.

"Kami memiliki peluang-peluang namun mereka menggunakan peluang mereka satu-satunya. Irlandia memaksimalkan peluang yang sangat sedikit. Sekarang kami tahu bahwa ini dapat menjadi begitu ketat pada pertandingan terakhir, dan kami harus tampil dominan saat melawan Georgia dan tidak membiarkan hal buruk apapun terjadi."
Namun mereka masih tidak memiliki masalah untuk mengendalikan permainan melalui permainan operan mulus dan banyaknya pergerakan tanpa bola, dan memiliki dua peluang pada fase akhir pertandingan, di mana Jerome Boateng yang tidak terkawal gagal memasukkan bola melalui tandukan kepala dan Ilkay Gundogan melihat sepakannya melebar.

Bagaimanapun, tim tamu secara bertahap menurunkan tekanan, membuat Irlandia memiliki lebih banyak ruang dan kepercayaan diri tuan rumah bertambah ketika mereka nyaris kemasukan melalui serangan balik, ketika Andre Schuerrle, pengganti untuk Mario Goetze yang cedera pada babak pertama, melepaskan sepakan yang melambung ke atas mistar gawang.

Irlandia terus bekerja keras dan mendapatkan imbalannya, ketika sepakan panjang Randolph dimaksimalkan Long untuk menaklukkan Neuer dengan tembakan kerasnya.

Thomas Mueller semestinya mampu menyamakan kedudukan dengan sepakan jarak dekatnya tujuh menit kemudian, namun tuan rumah mampu mengamankan kemenangan, kemenangan pertama mereka dari Jerman di ajang kompetitif.
(Penterjemah: Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)