Menpan: Yogyakarta acuan reformasi birokrasi

id menpan, acuan reformasi birokrasi, role model, yogyakarta acuan reformasi birokrasi

Menpan: Yogyakarta acuan reformasi birokrasi

Menpan RB Yuddy Chrisnandi (ANTARA FOTO)

...Yogyakarta harus menjadi 'role model' dalam menciptakan akuntabilitas kinerja berbasis tata kelola pemerintahan yang 'clear and good government'...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi menunjuk Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai acuan reformasi atau "rol model" birokrasi di tingkat provinsi dan kabupaten.
         
"Yogyakarta harus menjadi 'role model' dalam menciptakan akuntabilitas kinerja berbasis tata kelola pemerintahan yang 'clear and good government'," kata Yuddy Chrisnandi melalui siaran persnya di Jakarta, Kamis.
         
Yuddy mengaku bangga dengan kinerja Pemda DIY yang mampu meningkatkan akuntabilitas aparatur sipilnya. Dia meminta agar komitmen Pemda DIY tetap dipertahankan sehingga akan tercipta pemerintahan berkelas dunia.
         
"Saya selaku menteri sangat bangga dengan Pemda Yogyakarta, sudah melaksanakan reformasi birokrasi, meskipun belum ada penekanan dari Kemenpan-RB. Jadikan ini komitmen berkesinambungan dan jadikan tata kelola yang semakin baik dan harus diduplikasi oleh daerah lain," kata Yuddy.
          
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengaku bangga dengan prestasi Pemda DIY karena telah dijadikan percontohan dalam hal reformasi birokrasi.
         
Menurut Sri Sultan, perubahan pola pikir aparatur sangat dibutuhkan untuk mempercepat reformasi birokrasi.