209 jamaah calon haji Lubuklinggau diberangkatkan

id haji, calon haji

209 jamaah calon haji Lubuklinggau diberangkatkan

Kabah Mekah (FOTO ANTARA/AFP/ FAYEZ NURELDINE )

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, pada 2015 akan memberangkatkan jamaah calon Haji sebanyak 209 orang.

Pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) 2015 itu disesuaikan dengan kuota Provinsi Sumatera Selatan sekitar 5.040 orang setelah dikurangi 20 persen, kata Ketua Pelaksana Pemberangkatan Haji Kemenag Kota Lubuklinggau H Khusrin di Lubuklinggau, Sabtu.

Ia menjelaskan JCH Kota Lubuklinggau yang akan diberangkatkan pada musim haji 2015 itu terdiri atas laki-laki sebanyak 88 dan prempuan 121 orang.

Para jamaah haji itu diberangkatkan menuju Palembang menggunakan bus sejak, Jumat (27/8) malam dan akan di tampung di asrama haji setempat sambil menunggu giliran keberangkatan ke tanah Suci.

Awalnya para calon jamaah haji Kota Lubuklinggau itu akan diberangkatkan ke Palembang lewat bandara Bengkulu, namun mengingat jalan menuju Bengkulu sangat padat, maka dialihkan menggunakan bus ke Kota Palembang.

Ia mengimbau kepada seluruh jamaah agar menjaga kesehatan sehingga bisa leluasa beribadah dari yang rukun, syarat, wajib dan sunnah dapat terlaksana dengan baik.

Apalagi cuaca di tanah suci saat ini dikabarkan sangat tidak bersahabat, yaitu panasnya mencapai 45 derajat celcius.

Jemaah haji Kota Lubuklinggau dilepas Wakil Wali Kota H Sulaiman Kohar di depan Taman Kurma Masjid Agung As-Salam dan disaksikan seluruh keluarga Jemaah.

Para jemaah itu tergabung dalam dua kloter keberangkatan ke Palembang. diterima di asrama haji Palembang pada tanggal 28 Agustus 2015 dan diberangkatkan ke Tanah Suci tanggal 29 Agustus 2015.

Wakil Wali KOta Lubuklinggau H Sulaiman Kohar mengharapkan agar jamaah haji menjaga kesehatan masing-masing dan ikuti petunjuk Pemandu masing-masing atau kerabat yang dikenal.

"Untuk seluruh dokumen dan surat menyurat haji agar dijaga dengan baik jangan sampai tercecer ataupun hilang, kami mendoakan agar para jemaah haji diberikan kesehatan dan melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan sempurna dan mendapatkan predikat haji mabrur dan mabruroh, jelasnya.