Pertamina tambah avtur kebutuhan penerbangan jamaah haji

id pertamina, tambah avtur

Pertamina tambah avtur kebutuhan penerbangan jamaah haji

Stasiun pelayanan pengisian avtur selama penerbangan haji 2015 embarkasi Sumatera Selatan di kantor depot pengisian pesawat udara SMB II, Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pertamina Marketing Region II menyiapkan tambahan avtur 100 kiloliter per hari untuk memenuhi kebutuhan penerbangan jamaah haji embarkasi Palembang, Sumatera Selatan, di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Pada hari-hari biasa Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU) Sultan Mahmud Badaruddin II melayani 40 kali penerbangan dengan konsumsi avtur rata-rata 90 kiloliter per hari, namun dengan adanya penerbangan haji kebutuhan avtur dipastikan bertambah.

"Diperkirakan meningkat menjadi 190 kiloliter per hari," kata Senior Supervisor External Relation PT Pertamina Marketing Operation Region II Alicia Irzanova di Palembang, Rabu.

Menurut dia, Pertamina tidak hanya menjamin ketersediaan pasokan, melainkan juga melakukan berbagai langkah untuk memastikan pengisian avtur dapat berjalan tepat waktu.

Hal ini sangat berpengaruh pada jadwal keberangkatan pesawat, baik yang reguler maupun khusus untuk angkutan haji.

Dikatakannya, langkah yang dilakukan Pertamina untuk layanan haji antara lain dengan menambah mobil tangki pengangkut avtur dari kilang Plaju ke DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II, dari total enam mobil tangki dengan kapasitas 16 kl menjadi delapan mobil tanki.

Selain itu, kata dia, suplai yang biasanya dilakukan satu kali sehari ditambah menjadi dua kali sehari.

Pertamina DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II juga menyiapkan mobil refueler kapasitas 40 kl dan 16 kl untuk pengisian ke pesawat guna menjamin ketepatan waktu pengisian ke pesawat jamaah haji maupun pesawat reguler dengan waktu dibutuhkan selama satu jam.

Dijelaskannya, dibandingkan tahun lalu, kebutuhan avtur selama musim haji tahun ini di bandara tersebut mengalami peningkatan sekitar 20 kl per hari dari 170 kl per hari tahun 2014 menjadi 190 kl per hari di tahun 2015.

Ia menambahkan, tahun ini bandara tersebut melayani 14 kelompok terbang (kloter) haji yang akan memberangkatkan 5.088 orang jamaah haji atau sekitar tiga persen dari total jamaah nasional.

Pemberangkatan kloter pertama jamaah haji Sumatera Selatan direncanakan pada 28 Agustus.

Sejak tahun 2014 jamaah haji diterbangkan dari jenis pesawat Boeing 747/400 berkapasitas 455 orang, sedangkan sebelumnya Garuda Indonesia menggunakan pesawat Airbus - 330 berkapasitas 315 orang.

DPPU Pertamina di bandara itu melayani 24 maskapai penerbangan antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaa Air, Citilink, Air Asia, dan Silk Air dengan berbagai tujuan, di antaranya Jakarta, Bandung, Batam, Surabaya, Pontianak, Penang, Singapura, Bali, Medan, dan Pangkal Pinang.