Wali kota: Linmas harus jadi sahabat masyarakat

id plt wali kota, harnojoyo, linmas, satlinmas, satuan perlindungan masyrakat, kota palembang, palembang

Wali kota: Linmas harus jadi sahabat masyarakat

Petugas Linmas (FOTO ANTARA)

....Jika hanya mengandalkan polisi tentu tidak bisa karena jumlahnya sangat terbatas, sehingga satlinmas menjadi institusi yang sangat penting karena bisa berada di tengah-tengah masyarakat....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pelaksana tugas Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) harus bisa memposisikan diri sebagai sahabat masyarakat karena memiliki tugas utama memberikan rasa aman kepada warga.

"Tugas satlinmas tidaklah mudah karena keamanan di setiap wilayah menjadi tanggung jawabnya. Oleh karena itu, satlinmas harus senantiasa dekat dengan masyarakat untuk dapat bekerja sama dengan warga dalam menciptakan suasana aman dan kondusif," kata Harnojoyo seusai melantik sebanyak 1.800 anggota Satlinmas Kota Palembang di Palembang, Senin.

Harnojoyo menerangkan, bidang keamanan menjadi perhatian Pemkot Palembang karena pada 2018 akan berperan sebagai tuan rumah Asian Games.

"Palembang kerap menjadi tuan rumah ajang multi cabang olah raga. Satlinmas sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan di kota ini yakni bagaimana mewujudkan Palembang yang aman dan kondusif," kata dia.

Dalam peran sebagai tuan rumah Asian Games itu, pemkot akan memberikan pelatihan ke satlinmas agar bisa menjadi tenaga kerja yang andal di bidang keamanan dan penangganan situasi krisis.

"Jika hanya mengandalkan polisi tentu tidak bisa karena jumlahnya sangat terbatas, sehingga satlinmas menjadi institusi yang sangat penting karena bisa berada di tengah-tengah masyarakat," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Sat Pol PP dan Linmas Asadullah mengatakan dalam rangka menyambut Asian Games tersebut pemerintah gencar memberikan pelatihan ke satlimas.

"Secara ideal, satlinmas dalam satu RT minimal terdiri atas satu orang, tapi kondisi ini sulit dicapai sehingga bagaimana caranya memberdayakan jumlah yang sedikit ini. Bagi Kota Palembang, hal ini sangat penting karena tidak lama lagi akan berlangsung Asian Games," ujar dia.

Anggota yang dilantik merupakan anggota satlinmas yang berasal dari 17 kecamatan dan 107 kelurahan, jumlah seluruhnya 1,800 orang.