Mantan Gubernur: Pemuda kekuatan diperhitungkan pada Pilkada

id syahrial, mantan gubernur

Mantan Gubernur:  Pemuda kekuatan diperhitungkan pada Pilkada

Mantan Gubernur Sumatera Selatan Syahrial Oesman (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Oleh Muhammad Suparni*Edo Purmana
Baturaja (ANTARA Sumsel) - Mantan Gubernur Sumatera Selatan periode 2003 - 2008, H Syahrial Oesman menilai, para pemuda tidak boleh dipandang sebelah mata, harus diperhitungkan menghadapi Pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

"Oleh karena itu kita tidak boleh meninggalkan kaum muda, karena pemikiran dan tenaganya sangat dibutuhkan untuk membangun negeri ini," kata Syahrial Oesman pada acara jumpa komunitas sepeda motor gede binaanya di Baturaja, Minggu.

Mengenai kaitannya dengan Pilkada mendatang, menurut Syahrial yang juga mantan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) periode 1998 - 2003 ini, jelas memiliki pengaruh besar, karena kalau pemuda yang menyampaikan kepada orang tua dan keluarganya mengenai sosok calon pemimpin jelas didengarkan.

Sementara, jika orang tua yang menyampaikan sosok calon pemimpin OKU ke depan terkadang tidak terlalu diperhatikan anaknya.

"Jadi, pendekatan juga harus dengan mereka yang muda. Memang umumnya pemuda massa yang mengambang. Tetapi, jika pilihannya sudah jatuh pada satu pasangan biasanya tidak akan bergeser, bahkan akan mengajak lainnya untuk mendukung," katanya.

Oleh karena itu, Syahrial Oesman yang sekarang menjabat Ketua DPW Partai Nasdem Sumsel ini mengajak para pemuda untuk memenagkan pasangan bakal calon Bupati OKU, Kuryana Azis/Johan Anuar pada Pilkada mendatang.

Ajakannya itu cukup beralasan, karena tidak meragukan akan kemampuan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati OKU, Kuryana Azis-Johan Anuar, untuk memimpin daerah ini ke depan.

Ia menilai, pasangan ini orang-orang yang sarat dan kaya akan pengalaman, baik di birokrasi maupun politik sebagaimana diketahui keduanya penggerak berjalannya roda pemerintah sekarang ini.

Ia menilai, sejak Kuryana menjabat Bupati dan Johan Anuar ketua DPRD, kemajuan OKU demikian pesat terutama di sektor pembangunan.

Ia juga berharap, kepemimpinan Kuryana-Johan nantinya jika terpilih, untuk fokus terhadap pembangunan infrastruktur jalan-jalan di daerah pelosok, terutama jalan penghubung OKU menuju Palembang yang tentunya harus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi.

"Jika jalan ini sudah bagus, maka akses masyarakat untuk menjual hasil pertaniannya akan lebih mudah. Dengan begitu, nilai jualnya juga tinggi sehingga perekonomian masyarakat terangkat dan sejahtera," katanya.

Sementara,calon bupati/wakil bupati OKU yang akan maju pada Pilkada 9 Desember 2015 ada dua pasang calon, yakni Kuryana Azis/Johan Anuar dan pasangan Hj Percha Leanpuri/Nasir Agun.