Phil Neville jadi asisten pelatih di Valencia

id phil neville, asisten pelatih, valencia fc, liga utama spanyol, la liga

Phil Neville jadi asisten pelatih di Valencia

Phil Neville (Foto Ist)

Madrid, (ANTARA/Reuters) - Mantan pemain Manchester United, Everton dan juga pemain tengah timnas Inggris Phil Neville setuju untuk menjadi asisten dari pelatih Valencia Nuno, demikian pernyataan klub Liga Utama Spanyol (La Liga) itu, Minggu.

BBC, tempat Neville juga bergabung sebagai pakar dan komentator sepak bola di televisi, mengatakan di laman mereka bahwa dia telah memberitahu mereka masih ada satu cara agar kesepakatan itu dirampungkan.

Neville bermain sebagai pemain junior di United mulai tahun 1995 hingga 2005 sebelum pindah ke Everton dan pensiun pada akhir musim 2012-2013. Dia beraksi dalam 59 penampilannya bagi Inggris antara tahun 1996 dan 2007.

Pemain berusia 38 tahun itu adalah seorang asisten pelatih saat United berada di bawah asuhan David Moyes, yang saat ini melatih tim saingan Valencia di La Liga, Real Sociedad, dan hingga United di bawah asuhan pelatih pengganti sementara, Ryan Giggs.

"Valencia CF dengan gembira mengumumkan penunjukan Phil Neville sebagai asisten pelatih dari tim utama, untuk bergabung dengan staf pelatih yang dipimpin oleh Nuno Espirito Santo," demikian pengumuman klub Spanyol itu di laman mereka (www.valenciacf.com).

Setelah tahun lalu klub itu diambil alih oleh jutawan asal Singapura Peter Lim, Valencia berambisi untuk kembali berkibar di puncak kancag Spanyol dan Erops setelah mengalami satu periode masa ketidakstabilan yang ditandai dengan kesulitan keuangan serta hasil-hasil yang buruk di lapangan.

Mereka menduduki posisi keempat La Liga pada musim 2014-2015 yang baru berakhir, dengan mengamankan satu tempat di babak penyisihan Liga Champions, kompetisi dimana mereka pernah kalah sebagai finalis pada tahun 2000 dan 2001.

Mereka berhasil mengumpulkan 77 poin musim ini, angka yang sama dengan yang mereka raih ketika mereka terakhir kali menjadi juara liga Spanyol pada tahun 2004.  (Penterjemah: Uu.SYS/B/A. Rachma)