Waskita Karya "right issue" 3,6 miliar saham

id saham, right issue, waskita karya, penawaran umum terbatas, put saham, saham

Waskita Karya "right issue" 3,6 miliar saham

Ilustrasi (ANTARA FOTO)

...PUT I sebanyak 3,65 miliar lebih itu setara dengan 26,9 persen dari modal ditempatkan dan disetor perusahaan itu...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - PT Waskita Karya Tbk (WSKT) akan melakukan penawaran umum terbatas (PUT) I atau "right issue" dalam rangka penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) sebanyak 3,65 miliar saham dengan harga penawaran Rp1.450 per saham.
        
Dalam prospektus yang disampaikan manajemen Waskita Karya kepada Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Kamis, dikemukakan setiap pemegang 100.000 saham lama yang tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada 22 Juni 2015 berhak atas 36.852 HMETD, dimana setiap satu HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak satu saham baru.
       
PUT I sebanyak 3,65 miliar lebih itu setara dengan 26,9 persen dari modal ditempatkan dan disetor perusahaan itu.
        
Jumlah dana yang akan diterima perseroan dalam PUT I itu sebesar hampir Rp5,30 triliun.
        
Perseroan merencanakan penggunaan hasil dana dari PUT I itu  seluruhnya untuk membiayai pembangunan dan investasi jalan tol di Jawa dan Sumatera baik langsung maupun tidak langsung melalui entitas anak dan pembangunan transmisi listrik di Sumatera.
        
Jika saham baru itu tidak seluruhnya diambil oleh pemegang HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih dari haknya. Apabila setelah alokasi itu masih terdapat sisa saham baru maka akan diserap oleh pembeli siaga.
        
Pemegang saham lama yang tidak melaksanakan haknya untuk membeli saham baru yang ditawarkan dalam PUT I ini sesuai dengan HMETD-nya akan mengalami penurunan persentase kepemilikan sahamnya (dilusi) dalam jumlah maksimum sebesar 26,9 persen.
        
Aksi korporasi perseroan itu akan efektif setelah disetujui oleh rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang akan diadakan pada 10 Juni 2015.
        
Sementara itu, jadwal PUT II WSKT pencatatan terakhir daftar pemegang saham yang berhak atas HMETD pada 22 Juni 2015. Distribusi HMETD pada 23 Juni, pencatatan dan perdagangan HMETD di BEI pada 24 Juni hingga 1 Juli.
        
Kemudian, tanggal akhir pembayaran pemesanan saham tambahan pada 3 Juli. Penjatahan saham tambahan dilakukan 6 Juli. Dan, pengembalian uang pesanan saham tambahan bisa dilakukan pada 8 Juli 2015.