Pengusaha jadikan Harkitnas momentum bangkitkan perekonomian

id pengusaha, pengusahan palembang, pengusaha sumsel, jadikan harkitnas, harkitnas, hari kebangkitan nasional, momentum kebangkitan perekonomian, kebangk

Pengusaha jadikan Harkitnas momentum bangkitkan perekonomian

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/15/Den)

....memanfaatkan hasil usaha dengan berbagi kepada sesama melalui program peduli masyarakat....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sejumlah pengusaha di Kota Palembang, Sumatera Selatan, mengatakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107 pada 20 Mei 2015 ini akan dijadikan momentum membangkitkan perekonomian yang mengalami keterpurukan dalam beberapa tahun terakhir.

"Perekonomian nasional sudah cukup lama terpuruk, nilai tukar rupiah terus melemah. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan, sekarang saatnya untuk bangkit dengan bekerja keras, melakukan terobosan usaha, berhenti berharap dan menyalahkan," kata Direktur Utama PT Jevin Multi Sarana (JMS) Yoriwansyah ketika diminta komentarnya tentang Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Palembang, Rabu.

Menurut dia, dengan kondisi nilai tukar rupiah yang tidak stabil cenderung melemah, harga komoditas pertanian dan perkebunan yang anjlok seperti karet, kopi, dan kelapa sawit, membuat roda perekonomian bergerak lamban serta mengakibatkan daya beli masyarakat rendah.

Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan semakin terpuruk serta mengakibatkan bangsa dan negara ini sulit mewujudkan pembangunan berbagai sektor dan mencapai kesejahteraan sebagaimana dicita-citakan para pejuang kemerdekaan republik ini, katanya.

Dia menjelaskan, perekonomian nasional tidak akan pulih dengan sendirinya tanpa ada upaya dari pemerintah, masyarakat, dan pelaku usaha untuk menghadapi permasalahan yang terjadi dengan cara bertindak mencari solusi yang tepat.

Solusi atau jalan keluar yang telah dijalani selama ini harus terus diperjuangkan dengan penuh semangat sambil mendapatkan cara baru yang sesuai dengan kondisi sekarang ini,

Sebab semua usaha yang dilakukan diyakini akan segera membuahkan hasil sebagaimana yang diharapkan, ujarnya.

Selain untuk membangkitkan perekonomian, peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini juga akan dijadikan momentum membangkitkan kepedulian sosial untuk mewujudkan masa depan bangsa dan negara yang lebih baik.

"Kepedulian terhadap sesama akhir-akhir ini terasa tenggelam dan tergerus oleh modernisasi dan pengaruh budaya asing, melalui peringatan Harkitnas diharapkan semangat kepedulian terhadap sesama terutama yang memerlukan bantuan harus dibangkitkan kembali," ujar Yori.

Sementara pengusaha lainnya Direktur Utama PT Karya Makmur Armada (KMA) Palembang Rivai Thambrin mengatakan, dalam kondisi ekonomi yang kurang baik sekarang ini, melalui momentum Harkitnas pihaknya berupaya lebih peduli dengan masyarakat di lingkungan tempat usahanya.

Sebagai pengusaha yang telah diberi kesempatan untuk memanfaatkan alam merdeka yang diraih para pejuang dengan pengorbanan harta dan jiwa raga, sudah seharusnya memanfaatkan hasil usaha dengan berbagi kepada sesama melalui program peduli masyarakat.

Dengan kepedulian yang tinggi, diharapkan ke depan tidak ada lagi pengusaha yang menjalankan usahanya hanya fokus mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya tanpa memikirkan kesejahteraan karyawan dan masyarakat di sekitarnya, ujar dia pula.