PKS belum tentukan sikap dukung calon bupati

id pks, pks oku

PKS belum tentukan sikap dukung calon bupati

Partai Keadilan Sejahtera (Antarasumsel.com/Garfis/Aw)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, hingga saat ini belum menentukan sikap dukungan terhadap kandidat bakal calon Bupati OKU pada Pilkada 9 Desember 2015.

"Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sampai saat ini belum tentukan sikap meskipun sudah ada lima kandidat yang mendaftar dan mengembalikan formulir ke partai," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Ogan Komering Ulu (OKU), Eko Sungkono Patra di Baturaja, Kamis.

Dikatakannya, kelima nama yang dimaksud telah mengambil formulir di partai yang dinaunginya itu yakni anggota DPD RI Hj Percha Leanpuri, H Impisol Yusi dan Faruk Barry.

"Selain itu Pelaksana tugas Bupati OKU, Kuryana Aziz dan Ketua DPRD OKU, Drs Johan Anuar juga ikut mendaftar ke PKS. Semuanya mendaftar untuk bakal calon Bupati," tegas Eko.

Menurut dia, dalam melakukan penjaringan calon, pihaknya menggunakan sistem semi terbuka menjalin komunikasi dengan para bakal calon kandidat yang akan bersaing," tegasnya.

Eko menjelaskan, komunikasi semacam itu dilakukan dengan para kandidat untuk memilih calon pemimpin yang memiliki komitmen membawa OKU lebih baik lagi.

Ketika calon itu serius, maka kata Eko, kandidat akan mengirimkan aplikasi berupa CV calon serta visi dan misinya serta lamaran.

"Yang jelas kita tidak akan memilih calon bupati asal-asalan untuk didukung. Kita selektif dalam hal ini. Siapa yang dipilih nanti diumumkan setelah ada persetujuan dari DPP PKS," ungkapnya.

Di samping itu ia menjelaskan, untuk menentukan kandidat yang bakal diusung PKS OKU sebelum direkomendasikan tim tujuh ke DPW dan DPP, DPD PKS OKU dalam hal ini mengirimkan kuisioner ke 12 DPC dan 400 kader PKS.

"Kita minta masukan dua nama calon dari 12 DPC dan kader ke tim tujuh serta berdasarkan hasil survei internal PKS. Hasil tersebut barulah diserahkan ke tim tujuh," tegasnya,

Nama-nama yang diusulkan dari kader dan 12 DPC, lanjut dia, maka tim tujuh akan mengerucutkan menjadi dua nama dari hasil musyawarah dan selanjutnya diserahkan ke DPW PKS.

Kemudian, DPW dan DPP yang menentukan satu nama bakal diusung DPD PKS OKU.

"Apalagi PKS OKU partai yang berpengalaman memenangkan calon yang diusung. Tentunya, PKS tidak akan melewatkan momen Pilkada OKU. "PKS OKU sendiri memiliki tiga kursi di legislatif," ujarnya.