Penerimaan siswa unggulan di Palembang tunggu Perwali

id penerimaan siswa, siswa unggulan, siswa unggulan palembang, peraturan walikota, walikota palembang, siswa smp

Penerimaan siswa unggulan di Palembang tunggu Perwali

Ilustrasi(FOTO ANTARA/Ansyor/12)

....prosedur penerimaan siswa itu akan diawali dengan pendaftaran secara online, tes administrasi, dan tes tertulis....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Penerimaan siswa sekolah unggulan SMP Negeri 1 Palembang pada tahun pelajaran 2015-2016 menunggu Peraturan Walikota (Perwali) terkait dengan aturan tata cara penyelenggaraan tes akademik dan tes tertulis.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Palembang Devi Emilya di Palembang, Senin, mengatakan, kemungkinan Perwali itu akan dikeluarkan pemerintah pada akhir Mei 2015 karena pendaftaran siswa secara online akan dimulai pada Juli mendatang.

"Pada tahun ini kuota SMPN 1 mencapai 256 orang karena ada delapan kelas dengan asumsi setiap kelas diisi 32 orang siswa. Kemungkinan besar secara tata cara penerimaan tidak berbeda jauh dengan tahun lalu, tapi tetap akan menunggu petunjuk dari Perwali," kata dia.

Ia mengatakan, prosedur penerimaan siswa itu akan diawali dengan pendaftaran secara online, tes administrasi, dan tes tertulis.

Sementara untuk tes wawancara sudah ditiadakan sejak peniadaan status Sekolah Rintisan Berstandar Internasional menjadi sekolah unggulan.

"Dalam tes administrasi akan dilihat nilai raportnya untuk lima mata pelajaran yakni harus rata-rata 7,5. Ini standar minimal yang ditetapkan SMPN 1 Palembang yang berstatus sekolah unggulan," kata dia.

Setelah, lolos dari seleksi administrasi maka siswa akan melanjutkan ke tes tertulis yang dilakukan secara online.

"Semua prosedur dilakukan secara transfaran, hingga pengumumannya juga secara online," ujar dia.

Terkait dengan minat siswa SD di Kota Palembang masuk sekolah unggulan tersebut, menurut Devi masih tergolong tinggi karena setiap tahun mencatat rasio 1:3 dengan memperbolehkan lintas rayon.

Menurutnya, minat yang tinggi ini dilatari fasilitas pendidikan yang sangat mendukung dan rekam jejak lulusan SMP 1 Palembang yang cukup baik di tingkatan lanjutan.