Tugu ikan Belido akan dibangun di BKB

id belido, tugu ikan belido

Desain Patung ikan belida ikon baru Kota Palembang (Foto:antarasumsel.com/15/NIla Ertina)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tugu setinggi sembilan meter berbentuk ikan belido akan dibangun di kawasan wisata Benteng Kuto Besak Palembang, pada pertengahan tahun 2015 dengan menggunakan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR.

Staf Ahli Bidang Perekonomian Pembangunan dan Investasi Pemerintah Kota Palembang Sudirman Tegoeh di Palembang, Senin, mengatakan, tugu ini akan lebih tinggi dari Merlion Park Singapura dan akan ditempatkan di bagian depan Benteng Kuto Besak (BKB).

"Detail Engineering Desain (DED) ikon Kota Palembang ini hampir rampung, diperkirakan pada pertengahan tahun proyek tersebut sudah jalan karena PT Bukit Asam sudah siap menyalurkan dana tanggung jawab sosial (Csr) dalam waktu dekat," kata dia.

Ia menerangkan, ikon Iwak Belido (istilah Palembang yang artinya ikan belido-red) ini rencananya dilengkapi dengan sorot lampu digital untuk menambah sensasi seperti halnya Merlion Park Singapura.

"Rencananya akan ada pula semprotan air yang keluar dari mocong iwak belido," ujar dia.

Terkait alasan memilih iwak belido, menurutnya, karena ikan tersebut merupakan jenis asli ikan langka yang berasal dari Sungai Musi.

"Saat ini iwak belido sudah terancam kelangsungan hidupnya, dengan membuat tugunya ini diharapkan dapat turut melestarikan keberadaan ikan tersebut," kata dia.

Ikan Belido dikenal warga sebagai bahan baku untuk pembuatan kemplang dan pempek jenis makanan khas Palembang.

Keberadaan tugu iwak Belido ini diharapkan dapat menarik wisatawan untuk mau mengunjungi BKB yang sarat dengan sejarah di masa perjuangan kemerdekaan.

Pemerintah Kota Palembang menggenjot revitalisasi tempat pariwisata untuk menunjang peran sebagai tuan rumah Asian Games XVIII pada 2018.
Pewarta :
Editor: M. Suparni
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar