PHRI Sumsel manfaatkan jaringan promosikan potensi pariwisata

id promosikan pariwisata, potensi pariwisata, wisata, tingkatkan kunjungan wistawan, pariwisata, phri, phri sumsel

PHRI Sumsel manfaatkan jaringan promosikan potensi pariwisata

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Anggota PHRI Sumsel berkepentingan membantu mempromosikan pariwisata di provinsi ini dengan harapan dapat meningkatkan hunian kamar hotel dan penjualan makanan restoran...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan memanfaatkan jaringan yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air dan luar negeri untuk mempromosikan potensi pariwisata di 17 kabupaten dan kota provinsi setempat.

"PHRI memiliki jaringan yang cukup luas, dengan memanfaatkannya untuk promosi diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara berkunjung ke provinsi ini," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan, Herlan Aspiudin di Palembang, Selasa.

Menurut dia, Sumsel memiliki cukup banyak objek wisata yang menarik seperti wisata budaya, sejarah, alam, dan wisata kuliner.

Potensi pariwisata yang memiliki daya tarik cukup besar tersebut perlu dipromosikan karena tidak mungkin dikenal dan dapat menarik wisatawan nusantara dan mancanegara berkunjung ke provinsi ini tanpa promosi yang baik secara terus menerus, katanya.

Dia menjelaskan, promosi pariwisata provinsi ini dilakukan dengan cara menyebarkan brosur yang berisi informasi mengenai objek wisata unggulan pada setiap daerah Sumsel kepada tamu hotel dan restoran, serta mitra usaha anggota PHRI di dalam maupun luar negeri.

Anggota PHRI Sumsel berkepentingan membantu mempromosikan pariwisata di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu dengan harapan semakin banyak wisatawan datang ke daerah ini dapat meningkatkan hunian kamar hotel dan penjualan makanan restoran.

"Kegiatan promosi itu digalakkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke daerah ini yang sekaligus diharapkan pula dapat meningkatkan hunian hotel dan kunjungan ke restoran," ujar Herlan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari pengelola hotel dan restoran anggota PHRI, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah ini rata-rata setiap tahunnya lebih dari 40 ribu orang.

Sedangkan jumlah wisatawan nusantara dari berbagai provinsi di Tanah Air setiap tahunnya berkunjung ke Sumsel lebih dari satu juta orang.

Dalam kondisi jumlah kunjungan wisatawan tersebut, tingkat hunian hotel dan kunjungan restoran sudah cukup baik yakni lebih dari 60 persen.

Melalui berbagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara tersebut, diharapkan ke depan bisnis perhotelan dan restoran semakin cerah, serta semakin banyak investor tertarik menanamkan modalnya ke provinsi ini, ujar dia pula.