Pemkab Muba-Aviastar MoU bangun sekolah penerbang

id sekolah penerbang, sekolah penerbang dan pramugari, aviastar dirgantara, mou, pesawat, lapangan terbang

Pemkab Muba-Aviastar MoU bangun sekolah penerbang

Ilustrasi - Aktivitas di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Dengan adanya MoU tersebut lapangan terbang Sekayu dapat dimanfaatkan secara maksimal dan menjadi lebih dikenal, serta sekolah penerbang "Sky Pilot Akademik" segera diwujudkan...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan melakukan kesepahaman atau "Memorandum of Understanding/MoU" dengan PT Aviastar Dirgantara untuk membangun sekolah penerbang dan pramugari di Kota Sekayu.

Penandatangan nota kesepahaman kerja sama membangun sekolah penerbang dan pramugari itu dilakukan Bupati Musi Banyuasin Pahri Azhari dan Direktur Utama PT Aviastar Dirgantara Kolonel Penerbang Andri Iskandri di ruang Auditorium Pemkab Muba, Sekayu, Senin.

Penandatanganan nota kesepahaman/MoU itu disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Muba Riamon Iskandar, Wakil Bupati Muba Beny Hernedi, Direktur Dirgantara Pilot School Marsekal TNI (Purnawirawan) Wasito, perwakilan PT Aviastar Dirgantara, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Muba, serta siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Sekayu.

Dalam kesempatan itu Bupati Muba Pahri Azhari mengatakan, penandatanganan MoU tersebut menunjukkan bukti keseriusan kedua belah pihak untuk segera mewujudkan rencana pembangunan sekolah penerbang dan pramugari yang telah dirintis sejak beberapa tahun terakhir.

Dengan adanya MoU tersebut lapangan terbang Sekayu dapat dimanfaatkan secara maksimal dan menjadi lebih dikenal, serta sekolah penerbang "Sky Pilot Akademik" yang segera diwujudkan sebagai sekolah pilot pertama di Sumsel dapat memberikan kebanggaan.

"Sekolah penerbangan dan pramugari di Kabupaten Muba ini dipastikan ramai peminat, nanti kita akan adakan peraturan untuk memprioritaskan putra-putri asli kabupaten ini. Eksistensi lapangan terbang Sekayu ini nantinya diharapkan bisa menambah penghasilan ekonomi bagi masyarakat," ujar bupati.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Muba Pathi Riduan mengatakan, kerja sama dengan PT Aviastar Dirgantara bertujuan untuk memfungsikan dan memanfaatkan kembali lapangan terbang yang sempat terbengkalai.

"Pemanfaatan lapangan terbang Sekayu ini terutama di bidang bisnis dan pendidikan dengan segera dibukanya sekolah penerbang. Sementara pesawat yang ada di lapangan terbang ini akan diregistrasi ulang untuk memastikan keamanannya," ujar Pathi.

Direktur Utama PT Aviastar Dirgantara Kolonel Penerbangan Andri Iskandri pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muba yang telah mempencayai PT Aviastar Dirgantara untuk mengelola lapangan terbang Sekayu.

Dengan berfungsinya lapangan terbang tersebut, diharapkan bisa menggali sumber daya manusia yang handal di bidang penerbangan.

Selain itu diharapkan pula dapat menghasilkan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi Kabupaten Muba sebagai wilayah yang memiliki perkebunan, alangkah baiknya juga diadakan suatu kegiatan pemanfaatkan dirgantara untuk penyemprotan melalui udara.

"Semoga ke depan apa yang telah direncanakan ini dapat bermanfaat bagi PT Aviastar Dirgantara, pemerintah daerah dan masyarakat Muba," ujar dia berharap.