Pemkab Muba upayakan satu desa satu polisi

id satu desa satu polisi, pemkab muba upayakan satudesa satu polisi, ciptakan kondisi kamtibmas lebih baik, kondusif, wabub muba

Pemkab Muba upayakan satu desa satu polisi

Wakil Bupati Muba Beni Hernedi dalm suatu acara. (Foto Antarasumsel.com/15/Humas Muba)

...Menyikapi kondisi kabupaten ini cukup rentan terjadi kriminalitas, dan letak geografis wilayah yang luas, sangat dibutuhkan bantuan pihak kepolisian dengan mengupayakan satu desa siaga satu polisi...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan akan mengupayakan satu desa ada satu polisi yang siaga untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di kabupaten setempat agar lebih baik lagi.

"Menyikapi kondisi kabupaten ini cukup rentan terjadi kriminalitas, dan letak geografis wilayah yang luas, sangat dibutuhkan bantuan pihak kepolisian dengan mengupayakan satu desa siaga satu polisi," kata Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba), Beni Hernedi di Sekayu, Selasa.

Menurut dia, masalah keamanan menjadi salah satu masalah yang memerlukan penanganan serius di wilayah Kabupaten Muba dengan populasi penduduk yang bertempat tinggal berjauhan antardesa dan kecamatan serta dengan pusat ibu kota kabupaten.

Dengan disiagakannya satu polisi di setiap desa, diharapkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Bumi Serasan Sekate ini dapat terpelihara dengan baik, sehingga masyarakat dapat melaksanakan berbagai aktivitas tanpa hambatan yang berarti, katanya.

Selain mengupayakan satu polisi siaga di setiap desa, pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menjaga keamanan lingkungan masing-masing dengan mengaktifkan pos keamanan lingkungan (Poskamling).

Melalui upaya tersebut diharapkan masalah gangguan kamtibmas di wilayah Kabupaten Muba dapat diminimalkan serta masyarakat dapat melakukan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari setiap waktu tanpa dibayangi rasa takut menjadi sasaran pelaku kejahatan, katanya.

Sementara menurut Kapolres Muba, AKBP Achmad Ihsan, pihaknya akan terus berupaya menjaga situasi keamanan di daerah ini agar semakin kondusif.

Mengenai usulan pihak Pemkab Muba yang berharap idealnya terdapat satu polisi satu desa, untuk saat ini usulan tersebut menjadi bahan pertimbangan dan dilaporkan kepada pimpinan di Polda Sumsel dan Mabes Polri karena jumlah personel di kabupaten ini terbatas.

Terbatasnya personel dan anggaran menjadi hambatan untuk menerapkan program satu desa satu polisi, namun kami akan selalu terus berupaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara maksimal dengan merangkul pemerintah desa dan memberdayakan perpolisian masyarakat, serta meningkatkan kegiatan patroli personel polsek, ujar Kapolres.