Camat Peninjauan OKU perbaiki jembatan amblas

id jembatan, jembatan amblas

Camat Peninjauan OKU perbaiki jembatan amblas

Perbaikan jembatan amblas di Kecamatan Peninjauan OKU (Foto: antarasumsel.com/15/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Camat Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan Ferry Iswan mengucurkan dana pribadinya untuk memperbaiki jembatan amblas di wilayah setempat beberapa waktu lalu.

"Selain itu juga menggunakan dana swadaya masyarakat sendiri memperbaiki secara bergotong royong agar jembatan penghubung Kecamatan Peninjauan dan Sinar Peninjauan yang nyaris putus bisa dilewati kembali," kata Ferry di Baturaja, Kamis.

Dikatakannya, selain itu ada juga dana untuk perbaikan jembatan didapat dari partisifasi masyarakat, bahan baku seperti material disumbang PT Tiara Bumi.

"Saya kira kucuran uang pribadi yang diberikan jumlahnya tidak usah disebut. Yang jelas totalnya ada beberapa juta rupiah," katanya.

Perbaikan ini kata Ferry, sebagai langka awal atau perbaikan darurat agar jembatan bisa dilintasi aman dan nyaman oleh masyarakat.

Namun, perbaikan yang dilakukan hanya bersifat sementara, menunggu perbaikan dari Dinas PU Bina Marga OKU yang telah meninjau lokasi dan merencanakan perbaikan jembatan akan dilakukan menggunakan anggaran APBD OKU 2015.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas PU Bina Marga OKU, Helman bahwa tahun ini akan dilakukan perbaikan. Rencananya dibuatkan jembatan baru. Jadi jembatan lama ini akan dibongkar," katanya.

Jembatan darurat dibuat dengan menggunakan balok kayu berukuran 7x 14 x 4 meter ini dibangun agar jembatan yang amblas hingga satu meter tersebut bisa dilalui oleh warga menuju ke Desa Sri Mulya unit 15 Kecamatan Sinar Peninjauan atau sebaliknya.

Ferry menambahkan, pihaknya juga sudah meminta bantuan kepada Danramil dan Kapolsek Peninjauan untuk mengawasi pembangunan jembatan darurat sampai selesai dilaksanakan.

Sementara, tingkat kemiringan jembatan itu menjadi 45 derajat. Belum lagi ujung jembatan di sisi lain juga mulai mengalami keretakan akibat dihantam aliran sungai deras dan meluap dampak dari guyuran hujan deras yang terjadi beberapa waktu lalu, sehingga pelu segara diperbaiki, katanya.

Alhamdulillah, kita mendapat bantuan dari PT Tiara Bumi berupa tiga truk batu koral dan alat berat untuk memperbaiki sementara jembatan tersebut," kata Ferry.