Desa Talang Buruk sentra penghasil batu bata

id batu bata, sentra pembuat batu bata

Desa Talang Buruk sentra penghasil batu bata

Sentra penghasil batu bata Desa Talang Buruk Palembang (Foto: antarasumsel.com/Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Desa Talang Buruk Kota Palembang Sumatera Selatan, merupakan sentra industri kecil pembuat batu bata yang selama ini memenuhi kebutuhan konsumen di wilayah kota tersebut dan sekitarnya.

Industri kecil khusus pembuat batu bata tersebut hingga saat ini masih tetap eksis, seiring maraknya tumbuh pembangunan yang begitu pesat, kata Suharto, pengusaha industri kecil batu bata di Desa Talang Buruk Palembang, Selasa.

Menurut dia, banyaknya bermunculan pembangunan rumah toko (ruko) di penjuru kota, serta maju pesatnya pembangunan perumahan oleh pengembang, ternyata usaha pembuat batu bata tetap dibutuhkan.

Memang diakuinya, sekarang ini banyak bermunculan usaha pembuat batako, namun batu bata masih tetap dibutuhkan.

Ia mengatakan, di kawasan Desa Talang Buruk tumbuh sejumlah usaha industri kecil pembuat batu bata, karena setiap hari pesanan dari pengembang dan warga cukup banyak.

"Warga yang khusus memiliki industri pembuat batu bata di wilayah Desa Talang Buruk, hingga saat ini tidak kesulitan baik pemasaran maupun kebutuhan bahan baku tanah liat," katanya.

Bahan baku tanah liat cukup banyak tersedia di kawasan pabrik, sehingga tidak kesulitan untuk memproduksi batu bata.

Selanjutnya batu bata yang sudah dicetak disusun rapi untuk diproses pembakaran menggunakan kayu selama dua hari, setelah itu dikeringkan di alam terbuka sehingga siap dipasarkan.

Menurut Suharto, usaha industri kecil pembuat batu bata ini sudah ditekuninya sejak tiga tahun lalu.

Mengenai harga jual, untuk satu batu bata dipatok kisaran Rp300 atau tiap 1.000 batu bata menghasilkan pendapatan Rp300 ribu, katanya.

Sementara, menurut Rozi, usaha pembuat batu bata lainnya di desa tersebut bahwa kendalanya setiap musim penghujan menghambat proses pengeringan.

Sedangkan pemasarannya, biasanya langsung menjual ke pihak agen yang telah menjadi langganan tetap, sehingga berapapun banyak produksi selalu habis terjual.