Kucuran PNPM Mandiri perkotaan OKU Rp3,1 miliar

id pnpm, pnpm mandiri oku

Kucuran PNPM Mandiri perkotaan OKU Rp3,1 miliar

Lokakarya PNPM OKU berlangsung di Baturaja, Selasa (Foto: antarasumsel.com/14/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kucuran dana untuk Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri perkotaan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan mencapai Rp3,1 miliar, kata Kepala Dinas PU Cipta Karya OKU H Iskandar Zulkarnain.

Hal ini ditegaskan Iskandar kepada wartawan usai acara Lokakarya Review Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan Ogan Komering Ulu (OKU) 2014 di Baturaja, Selasa.

Dijelaskannya, total anggaran PNPM Mandiri OKU sekitar Rp3,1 miliar masing-masing berasal dari APBN sekitar Rp2,9 miliar dan APBD Rp155 juta.

Dikemukakannya, PNPM Mandiri ini merupakan program nasional untuk meningkatakan kesejahterahan masyarakat miskin.

Menurut dia, program ini sebagai strategi mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang diluncurkan April 2007, dan pelaksanaannya sudah mendorong transportasi sosial.

"Ada 25 kelurahan dan desa di dua kecamatan yang akan menikmati program ini, yakni Kecamatan Baturaja Timur dan Baturaja Barat. Fokus tahun ini PNPM Mandiri pada pembangunan insfratruktur, seperti pembangunan jalan setapak, pembangunan siring dan lainnya," kata Iskandar.

Sementara, realisasi PNPM Mandiri diserahkan kepada masyarakat dengan melibatkat para wanita.

"Jadi sistemnya dikerjakan masyarakat, pembangunan diawasi dan didampingi konsultan pembangunan," katanya.

Ia berharap, program PNPM Mandiri OKU ini anggarannya ditingkatkan melalui APBD OKU 2015.

Sementara Ketua Panitia Lokakarya Review PNPM Mandiri Perkotaan OKU 2014, Tri Wahyudi mengatakan, program PNPM Mandiri ini merupakan singkronisasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah dalam hal alih kelola program ke depan.

"Yang jelas bertujuan untuk memperbaiki kualitas pemberantasan kemiskinan. Selain itu juga untuk kesejetaraan masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, pada kegiatan kali ini melibatkan 60 orang perserta dari dinas, badan, kantor se-Kabupaten OKU. Kegiatan lokakarya ini akan dilaksanakan selama 2 hari," katanya.

Pelaksana tugas Bupati OKU, Kuryana Aziz mendukung penuh program PNPM dan berjanji kedepan Pemkab OKU akan memperhatikan dan menambah anggaran melalui APBD.