Warga Palembang percantik pekarangan dengan tanaman hias

id tanaman hias, warga percantik pekarangan

Warga Palembang percantik pekarangan dengan tanaman hias

Warga Palembang menjelang lebaran mulai mempercantik pekarangan dengan tanaman hias (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebagian warga Palembang memilih untuk mempercantik pekarangan rumahnya dengan bunga hias agar terlihat apik saat menerima tamu Idul Fitri nanti.

Wiwin, salah satu penjual tanaman hias di kawasan Jalan Soekarno Hatta Palembang, Kamis mengatakan untuk menghias rumah kebanyakan warga memilih tanaman border berjenis dedaunan dengan warna yang menarik.

Salah satu tanaman hias dedaunan yang paling banyak peminatnya adalah jenis brokoli daun kuning.

Bentuk tanaman ini lengkung batang dan paduan dedaunannya menyerupai brokoli, sementara warnanya sangat khas kuning kehijauan cerah.

Karena warnanya yang cerah, enak dilihat, dan rapih, tanaman ini jadi primadona untuk menghias halaman rumah, sehingga paling diminati warga, katanya.

Menurut pria yang sudah sepuluh tahun berjualan tanaman hias itu, selain brokoli daun kuning ada juga andong (tanaman hias dedaunan berwarna ungu) dan daun pucuk merah.

"Tanaman lama seperti asoka atau bonsai sudah tidak banyak diminati lagi," kata dia.

Sementara untuk tanaman bunga warga lebih banyak memilih tanaman bunga seperti mawar, bunga kertas dan anggrek yang sudah berbunga dan terlihat cantik.

Pria asal Jawa ini menyarankan bagi warga yang ingin menghias pekarangan untuk lebaran agar memilih tanaman praktis dan memberikan kesan segar dan rapih pada rumah.

"Tanaman dedaunan seperti brokoli memang tepat untuk jadi pilihan, selain murah juga sedap dipandang," kata dia.

Perawatannya pun tidak sulit, cukup menyirami tanaman dengan air dua hari sekali, mengingat suhu di Kota Palembang yang cukup panas dan memberikan pupuk satu bulan sekali, katanya.