Pedagang tanaman hias Palembang tingkatkan produksi pot

id pedagang tanaman hias, tingkatkan produksi pot, pot bunga, produksi, bunga, aneka tanaman hias, tanaman hias

...Selain kondisi cuaca sangat mendukung, peningkatan produksi pot bunga dilakukan untuk menyiapkan stok menghadapi peningkatan permintaan menjelang Lebaran Idul Fitri pada akhir Juli 2014...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pedagang tanaman hias, sekaligus pengerajin pot di Kota Palembang, Sumatera Selatan, memasuki musim kemarau sekarang ini mulai meningkatkan produksi pot bunga karena kondisi cuaca sangat mendukung.

Selain kondisi cuaca sangat mendukung, peningkatan produksi pot bunga dilakukan untuk menyiapkan stok menghadapi peningkatan permintaan menjelang Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah pada akhir Juli 2014, kata salah seorang pedagang tanaman hias di kawasan Bukit Besar Palembang, Rusmin di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dalam kondisi cuaca yang panas sekarang ini, sangat tepat untuk memperbanyak produksi pot karena proses pencetakan dan pengecatan cepat kering sehingga pengerjaannya dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Dalam proses pencetakan dan pengecatan, pot bunga yang sedang dikerjakan tidak boleh terkena air, karena bisa rusak, oleh karena itu kondisi cuaca panas sekarang ini momentum yang tepat meningkatkan produksi untuk dijadikan stok menghadapi peningkatan permintaan beberapa bulan ke depan, katanya.

Dia menjelaskan, beberapa pot bunga yang mulai ditingkatkan produksinya adalah yang paling banyak diminati masyarakat setempat seperti berbentuk ditempel di dinding, bulat dan berbentuk persegi empat dengan ukuran sedang dan besar.

Pot bunga tersebut dijual dengan harga bervariasi mulai Rp17.500 hingga Rp150.000 per buah, tergantung bentuk dan ukurannya, katanya.

Sementara pedagang tanaman hias lainnya yang memiliki kios di kawasan Demang Lebar Daun, Hamdani mengatakan, biasanya menjelang Lebaran Idul Fitri permintaan pot bunga dan sejumlah tanaman hias di kiosnya mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

"Permintaan pot, serta aneka jenis bunga dan tanaman hias lainnya, biasanya mulai terjadi peningkatan ketika memasuki bulan suci Ramadhan," ujarnya.

Menjelang hari besar keagamaan umat muslim itu, biasanya seperti tahun-tahun sebelumnya warga kota ini berupaya mempercantik halaman rumahnya dengan menata bunga dan tanaman hias serta mengganti pot yang sudah rusak atau kusam, ujarnya.