PT Pelindo Palembang siap dukung pengerukan Sungai Musi

id pengerukan sungai musi, pengdangkalan, masalah pendangkalan perlu segera diatasi, pelabuhan, pendangkalan sungai musi bergerak cepat, dangkal, sungai

PT Pelindo Palembang siap dukung pengerukan Sungai Musi

Ilustrasi - Pendangkalan di sekitar kawasan Pelabuhan Boom Baru Palembang.(Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Pada prinsipnya, PT Pelindo sebagai salah satu perusahaan yang memanfaatkan sungai Musi siap mendukung pengerukan agar tetap bisa dilayari kapal besar...
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT  Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang siap mendukung kegiatan pengerukan sungai Musi yang akhir-akhir ini mengalami pendangkalan yang cukup parah.

"Pada prinsipnya, PT Pelindo sebagai salah satu perusahaan yang memanfaatkan sungai Musi siap mendukung pengerukan agar tetap bisa dilayari kapal besar," kata Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang Palembang Fransiska Riana S, Jumat.

Menurut dia, kondisi alur pelayaran di sungai Musi sekarang ini mengalami pendangkalan yang cukup parah, sehingga kapal yang akan melakukan bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru harus dipandu dengan hati-hati.

"Dalam kondisi sekarang ini, kapal masih bisa masuk setiap saat ke pelabuhan meskipun dengan pemanduan secara hati-hati, jika masalah pendangkalan tersebut tidak segera diatasi beberapa tahun ke depan dapat mempengaruhi alur pelayaran kapal besar," ujarnya.

Dia menjelaskan, sekarang ini kedalaman sungai Musi berada pada posisi kurang dari 10 meter, kedalaman tersebut jika terus berkurang atau mengalami pendangkalan dapat mengganggu aktivitas pelayaran.

Secara teknis kedalaman normal alur pelayaran di atas 12 meter, untuk menjaga alur sungai Musi tetap bisa dilayari kapal besar, pihaknya mengharapkan dalam waktu dekat bisa segera dikeruk.

Sebagai pengguna sungai Musi, PT Pelindo II Cabang Palembang sifatnya hanya bisa mengajukan usulan karena tidak bisa melakukan pengerukan sendiri.

Sesuai ketentuan ada alokasi dana khusus dari negara dan instansi yang berwenang menangani masalah keselamatan, keamanan pelayaran serta melakukan pemeliharaan sungai seperti pihak Syahbandar dan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII.

Untuk mengatasi masalah pendangkalan itu, PT Pelindo Cabang Palembang bersama pengguna alur pelayaran sungai Musi lainnya telah beberapa kali melakukan rapat koordinasi dengan pihak instansi berwenang tersebut.

Melihat kondisi pendangkalan yang pergerakannya cukup cepat, diharapkan kegiatan pengerukan bisa segera direalisasikan sebelum timbul masalah gangguan aktivitas pelayaran di sungai Musi secara umum serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru Palembang, kata Fransiska.