UII tingkatkan kerja sama dengan universitas asing

id uii, kerja sama universitas asing, universitas, kerja sama, perguruan tinggi

UII tingkatkan kerja sama dengan universitas asing

Ilustrasi (Reuters)

...Salah satu universitas asing terkemuka yang telah menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) adalah Saxion University of Applied Science, Belanda...
Yogyakarta (ANTARA Sumsel)  - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta terus berupaya meningkatkan kerja sama dengan berbagai universitas asing terkemuka untuk meningkatkan kualitas akademik.
         
"Salah satu universitas asing terkemuka yang telah menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) adalah Saxion University of Applied Science, Belanda," kata Wakil Dekan International Program (IP) UII Wiryono Rahardjo di Yogyakarta, Selasa.
         
Saat menerima kunjungan delegasi Saxion University of Applied Science, ia mengatakan salah satu wujud realisasi kerja sama itu adalah program "double degree" yang memungkinkan mahasiswa UII menimba ilmu di Belanda, dan mendapatkan gelar akademis dari dua kampus sekaligus.
         
Menurut dia, untuk merealisasikan kerja sama dalam program "double degree" tersebut memang dibutuhkan komitmen serius tidak hanya dari pihak universitas, tetapi juga mahasiswa sebagai peserta.
         
"Universitas perlu banyak mendiskusikan tentang penyesuaian kurikulum dan pembelajaran, sedangkan pihak mahasiswa tentu juga tidak bisa instan belajar bahasa asing," katanya.
         
Director International Office Saxion University of Applied Science Chris van den Borne mengatakan para mahasiswa UII yang berminat belajar di Belanda hendaknya tidak hanya didukung oleh kemampuan finansial yang baik, tetapi juga kemampuan bahasa asing.
         
Menurut dia, para mahasiswa harus menguasai bahasa Inggris, karena pembelajaran di Saxion University of Applied Science akan banyak menuntut kemampuan mahasiswa, dalam hal itu baik dari segi percakapan maupun penulisan naskah akademik.
         
"Tahun depan, kami berencana mengirimkan staf pengajar untuk menjadi dosen tamu di UII. Kami memiliki komitmen untuk terus mempererat jalinan kerja sama dengan UII," katanya.
         
Dalam kunjungan tersebut pihaknya bermaksud menginformasikan kemungkinan perluasan program "double degree" dengan Program Studi Arsitektur UII.
         
"Kami juga memiliki School of Interior Design yang siap bekerja sama dengan Program Studi Arsitektur UII. Jalinan kerja sama yang sebelumnya terbentuk melibatkan School of Urban Design yang juga berhubungan dengan ranah arsitektur," katanya.