Semua KPU di Sumsel selesai lipat surat suara

id sortir, lipat surat suara pemilu

Semua KPU di Sumsel selesai lipat surat suara

Seluruh KPU di Sumsel selesai pelipatan surat suara Pemilu 2014 (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum di 15 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan sudah selesai melipat dan melakukan sortir surat suara yang akan digunakan pada Pemilu Legislatif 9 April mendatang.

"Sampai saat ini 15 kabupaten dan kota terakhir Palembang sudah selesai melipat dan sortir surat suara Pemilu," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan, Heny Susantih di Palembang, Kamis.

Menurut dia hanya memang ada yang belum mengirimkan berita acara ke KPU Sumsel yakni Ogan Komering Ulu Timur (OKUT).

Untuk surat suara ini sesuai target pada 20 Maret 2014 semua sudah sampai di KPU kabupaten dan kota di Sumsel, katanya.

Ia mengatakan untuk logistik Pemilu yang dikirim dari KPU RI yakni surat suara, tinta, segel, hologram, lebel, alat bantu tunanetra.

"Semua logistik Pemilu Legislatif itu sudah sampai semua di KPU kabupaten dan kota, jadi tidak melalui KPU provinsi," ujarnya.

Ia menyatakan untuk kotak dan bilik suara Pemilu sendiri penggadaannya sudah dilakukan pertama kali pada 2013.

Penggadaan kotak suara itu sesuai dengan diputuskan KPU pusat berbahan kardus yang sudah sesuai dengan spek dan kalau dibandingkan dengan negara lain sudah di atas rata-rata, tuturnya.

Pengiriman logistik pemilu legislatif itu pada 4 April 2014 sampai di PPK, kemudian pada 6 April nanti sudah ada di PPS dan satu hari sebelum pencoblosan sudah berada di tempat pemungutan suara (TPS), paparnya.

Kemudian untuk surat suara rusak dan lebih akan dimusnahkan satu hari sebelum pencoblosan 9 April 2014 yang disaksikan pihak kepolisian dan Bawaslu, katanya.