Wali Kota dikukuhkan warga kehormatan di KRI

id Romi Herton, wali kota palembang

Wali Kota dikukuhkan warga kehormatan di KRI

Wali Kota Palembang Romi Herton (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Palembang Romi Herton akan dikukuhkan menjadi warga kehormatan Pangkalan TNI Angkatan Laut setempat di atas kapal perang atau KRI Lemadang di perairan Sungai Musi, Selasa (4/3).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang Letkol Laut (P) I.G Merta Yasa, Minggu mengatakan pengukuhan wali kota menjadi warga kehormatan TNI AL Palembang tersebut diberikan setelah melalui penilaian tim selama enam bulan.

"Wali kota sangat besar kontribusinya dalam memajukan daerah dan mempromosikan TNI Angkatan Laut kepada masyarakat menjadi salah satu penilaian, sehingga dikukuhkan sebagai warga kehormatan," katanya.

Sampai kini, menurut dia Romi Herton merupakan yang pertama kali kepala daerah menjadi warga kehormatan TNI Angkatan Laut di Sumatera Selatan dan Jambi.

Hal itu, bukti nyata kalau wali kota telah berkontribusi besar dalam membantu beragam kegiatan Lanal dan juga mempromosikan.

Dia mencontohkan, setiap ada kegiatan TNI AL di Kota Palembang, pemkot dengan aktif membantu.

Begitu juga, ketika KRI akan merapat ke pelabuhan di daerah tersebut pemkot juga memberikan berbagai kemudahan dan fasilitas guna melancarkan kegiatan.

Merta menambahkan, promosi wali kota terhadap TNI Angkatan Laut juga sangat luar biasa dengan dilibatkan perwakilan Lanal memimpin upacara di sekolah-sekolah.

Setiap bulan sejumlah perwira TNI Angkatan Laut menjadi inspektur upacara di sekolah-sekolah sebagai bentuk sosialisasi atau mempromosikan angkatan tersebut.

Sementara itu, sebelum dikukuhkan menjadi warga kehormatan Wali Kota Palembang Romi Herton akan mengikuti satu kegiatan lagi dari tim penilaian yaitu menyelam.

Lokasi penyelaman tersebut akan ditentukan instruktur dari Jakarta yang diikuti wali kota, tambah dia.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Palembang Yan Sabar Sihotang mengatakan tentu pihaknya sangat berbangga dengan akan dikukuhkannya wali kota menjadi warga kehormatan TNI Angkatan Laut.

"Penilaian yang dilakukan tim dari TNI AL ternyata telah dilakukan sejak enam bulan," katanya.