Bupati Muba surati gubernur laporkan Jalinteng rusak parah

id jalinteng, muba, rusak parah, ajukan surat permohonan kepada gubernur susmel, ajukan surat, perbaikan, jalan

Bupati Muba surati gubernur laporkan Jalinteng rusak parah

Jalinteng Sumatera di wilayah Kabupaten Muba mengalami kerusakan parah. (Foto Antarasumsel.com/Edy Parmansyah/14)

...Jalinteng Sumatera ini merupakan jalan yang berstatus jalan negara, sehingga kita wajib memberitahukan kepada pihak pemerintah provinsi, untuk segera ditinjau dan diperbaiki...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Jalan lintas tengah Sumatera yang menghubungkan Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, dengan beberapa kabupaten dan kota Sumatera Selatan lainnya dan Provinsi Bengkulu sekarang ini mengalami kerusakan yang sangat parah.

"Kerusakan jalan lintas tengah (Jalinteng) Sumatera yang sangat parah terutama jalan yang menghubungkan Kecamatan Lais menuju Kota Sekayu ibu kota Kabupaten Musi Banyuasin dan jalan yang menghubungkan Kota Sekayu menuju Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau atau ke Provinsi Bengkulu," kata sejumlah sopir angkutan umum / travel Palembang - Bengkulu, di Palembang, Selasa.

Kemudian kerusakan jalan yang cukup parah berada di Desa Epil, Desa Bailangu, Kelurahan Ngulak Satu, hingga Desa Air Balui, Kecamatan Sanga Desa yang berbatasan antara Kabupaten Muba dengan Kabupaten Musirawas dengan kondisi jalan banyak berlubang dengan kedalaman sekitar 50 centimeter dan lebar sekitar 100 cm.

Menurut salah seorang sopir travel Wawan, jalinteng di wilayah Kabupaten Muba itu sudah sejak tahun 2013 mengalami kerusakan, namun sekarang ini semakin parah dan sepertinya pada awal 2014 ini belum ada tanda-tanda akan diperbaiki.

Kondisi tersebut menyulitkan dirinya sebagai sopir angkutan umum yang rutin melalui jalan tersebut dan menghambat aktivitas masyarakat secara umum sehingga perlu segera mendapat perhatian dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat menganggarkan dana perbaikannya karena jalan tersebut merupakan jalan negara yang harus dalam kondisi baik, katanya.

Sedangkan menurut sopir truk Sudarisman, dirinya cukup kesulitan melintas di beberapa titik jalan yang rusak, selain diakibatkan kondisi jalan banyak berlubang juga banyaknya masyarakat turun ke jalan melakukan pungutan liar saat kendaraan melaju sangat pelan di jalan yang rusak.

"Kondisi jalan yang rusak ini menyulitkan kami, ditambah dengan banyaknya pungutan liar di jalan-jalan yang rusak," ujarnya kesal.

Menanggapi keluhan masyarakat dan melihat kondisi jalinteng yang semakin parah, Bupati Musi Banyuasin Pahri Azhari akan mengirim surat perihal kondisi jalan tersebut kepada Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat memperbaiki jalan negara yang ada di kabupaten ini.

"Jalinteng Sumatera ini merupakan jalan yang berstatus jalan negara, sehingga kita wajib memberitahukan kepada pihak pemerintah provinsi, untuk segera ditinjau dan diperbaiki," ujar Pahri didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Muba Suhaimi.

Surat pemberitahuan beserta sejumlah foto jalan yang mengalami kerusakan parah telah disiapkan dan segera dikirim, mengingat kondisi jalan memprihatinkan dan sering menyebabkan kemacetan.

"Selain mengirim surat kepada Pemerintah Provinsi Sumsel, surat permohonan dukungan perbaikan jalan negara tersebut juga dikirimkan ke Balai Besar Jalan, Jembatan dan Sungai Sumatera Selatan," ujar Pahri.