Oprah winfrey produseri film biografi Martin Luther King

id film biografi Martin Luther King, Oprah winfrey

Oprah winfrey produseri film biografi Martin Luther King

Oprah Winfrey (FOTO ANTARA/Reuters/Siphiwe Sibeko)

(ANTARA Sumsel) - Oprah Winfrey akan memproduseri 'Selma', film biografi Martin Luther King Jr. dengan fokus mengenai demonstrasi yang ia pimpin untuk memperoleh hak voting di negara bagian Alabama, Amerika Serikat.

Film tersebut juga akan diproduseri Brad Pitt melalui rumah produksi Plan B bersama rekannya Dede Gardner dan Jeremy Kleiner serta Cameron McKracken dan produser film 'Slumdog Millionaire' Christian Coulson.

'Selma' dibintangi David Oyelowo sebagai Martin Luther King Jr. dan digarap Ava Duvernay ('Middle of Nowhere). Belum lama ini, David juga membintangi dua film tentang pergerakan hak sipil lainnya yakni 'Lincoln' dan 'The Butler', di mana ia berperan sebagai putra Oprah Winfrey.

'Selma' berkisah tentang tiga demonstrasi dari Selma menuju Montgomery pada 1965. Demonstrasi pertama dikenal dengan sebutan 'Bloody Sunday' pasalnya kepolisian setempat menyerang para pengunjuk rasa dengan pentungan dan gas air mata. Para demonstran menuntut hak yang sama dalam pemilu, yang akhirnya berhasil mereka raih dengan diberlakukannya Voting Rights Act pada tahun tersebut.