BMKG keluarkan peringatan dini gelombang tinggi perairan Babel

id gelombang tinggi selat babael, gelombang

BMKG keluarkan peringatan dini gelombang tinggi perairan Babel

Ilustrasi.(Foto Antarasumsel.com/Arina S.)

.....dipicu angin kencang dengan kecepatan mencapai 50 kilometer per jam dari barat laut menuju utara....
Pangkalpinang (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan Babel pada Selasa (21/1).

"Ketinggian gelombang diprakirakan akan mencapai lima meter," kata Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Deas Achmad Rivai di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan, gelombang mencapai ketinggian lima meter itu  berpeluang terjadi di Selat Karimata, utara Bangka dan selat Gelasa.

"Naiknya gelombang di perairan Babel itu dipicu angin kencang dengan kecepatan mencapai 50 kilometer per jam dari barat laut menuju utara," ujar Achmad Rivai.

Pihaknya telah memperingatkan agar nelayan dan pengguna jasa transportasi laut agar mewaspadai ketinggian gelombang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Terkait peningkatan gelombang tinggi tersebut, kami mengimbau nelayan berhati-hati selama melaut karena gelombang setinggi lima meter dapat terjadi sewaktu-waktu dan bisa mengancam keselamatan," ujarnya.

Selain itu, kata Rivai, wisatawan yang berkunjung  ke pantai diimbau untuk tidak berenang terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.

 "Lebih baik pengelola pantai melarang pengunjung untuk bermain di pantai karena kondisi cuaca dan gelombang sedang tidak bersahabat," tegasnya.

Ia menambahkan, gelombang di Perairan Babel lainnya yakni Selat Bangka dan selatan Bangka mencapai ketinggian maksimum tiga hingga empat meter dengan kecepatan angin mencapai 40 kilometer per jam.