Pemilihan Gubernur Lampung disepakati 27 Februari 2014

id pilgub, pemilihan gubernur lampung, 27 februari, disepakati, sepakat

Gubernur Lampung Sjachroedin ZP (FOTO ANTARA)

...Jadwal Pilgub Lampung semula dijadwalkan 2 Oktober 2013, ditunda 2 Desember 2013, dan kini dijadwalkan pada 27 Februari 2014...
Bandarlampung (ANTARA Sumsel) - Gubernur Lampung Sjachroedin ZP dalam pertemuan dengan Komisi Pemilihan Umum setempat, Jumat, menyepakati pemungutan suara pemilihan gubernur-wagub daerah ini pada 27 Februari 2014, sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU provinsi.
         
Ketua KPU Lampung Dr Nanang Trenggono MSi, di Bandarlampung, mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut Gubernur telah menyatakan setuju dan akan mendukung penuh semua langkah dan kebijakan KPU setempat dalam menyelenggarakan pilgub.
         
Kesepakatan tersebut menjadi klimaks dari kebuntuan komunikasi antara keduanya yang terjadi selama ini. Jadwal Pilgub Lampung semula dijadwalkan 2 Oktober 2013, ditunda 2 Desember 2013, dan kini dijadwalkan pada 27 Februari 2014.
         
"Gubernur mendukung penuh pelaksanaan pilgub, wujudnya dengan mempercepat pengesahan RAPBD 2014," kata dia.
         
Nanang menyatakan, dalam pertemuan tersebut Gubernur Sjachroedin juga menyampaikan bahwa RAPBD 2014 saat ini sedang dalam evaluasi oleh Kemendagri, dan berharap bisa langsung disahkan pada Senin (30/12) mendatang.
         
Besaran dana Pilgub Lampung yang dianggarkan pada APBD 2014 adalah Rp124,125 miliar, di antaranya untuk operasional pilgub oleh KPU Rp15 miliar, kemudian operasional Bawaslu, dan pengamanan kepolisian Rp10 miliar.
        
Dalam pertemuan tersebut Pemprov Lampung juga mempersilakan KPU setempat berkoordinasi dengan staf terkait mengenai teknis pencairan dana, mengingat tahapan pilgub sudah dimulai saat pertemuan dengan gubernur itu.
         
"Tidak ada masalah dengan pendanaan, meskipun tahapan tender logistik dan tes kesehatan pasangan calon kepala daerah dilakukan menunggu dana cair, semuanya bisa dinegosiasikan karena dana sudah ada," kata Nanang.
         
Menurut dia, pertemuan yang berlangsung selama dua jam di kantor Gubernur Lampung tersebut telah memberikan kepastian mengenai ketersediaan anggaran yang selama ini menjadi batu sandungan utama pelaksanaan pilgub.
         
"Gubernur minta kami segera berkoordinasi dengan asisten Sekdaprov, untuk urusan tersebut kami akan bergerak cepat," kata dia.
         
Selain itu, Gubernur Sjachroedin juga menyampaikan pesan khusus kepada KPU Lampung agar dapat menjaga netralitas dengan berpegang teguh pada aturan untuk meminimalkan protes dan gugatan hukum.
         
Penetapan tanggal pelaksanaan pilgub itu didapatkan setelah KPU Lampung melakukan konsultasi dengan KPU Pusat pada awal Desember 2013.


Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar