ORARI Palembang siapkan dukungan komunikasi Pemilu

id orari, handy talky, dukungan komunikais pemilu, radio komunikasi, pemilu 2014

ORARI Palembang siapkan dukungan komunikasi Pemilu

Salah seorang anggota ORARI di Kota Palembang, Yoriwansyah yang mengantongi callsign YC 4 JMS.

...Terkait kegiatan Pemilu Legislatif 9 April 2014, anggota ORARI siap menyampaikan informasi mengenai situasi dan kondisi keamanan serta ketertiban masyarakat, hasil sementara pemungutan suara dan informasi lain...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) di Palembang dan daerah Sumatera Selatan lainnya siap memberikan dukungan komunikasi kepada KPU dan semua pihak yang terkait untuk kelancaran kegiatan Pemilu Legislatif 2014.

"Anggota Orari yang tersebar hingga pelosok desa siap membantu penyelenggara pemilu menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat dan semua pihak terkait pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu," kata anggota ORARI Sumsel Yoriwansyah di Palembang, Minggu.

Terkait kegiatan Pemilu Legislatif 9 April 2014, anggota ORARI siap menyampaikan informasi mengenai situasi dan kondisi keamanan serta ketertiban masyarakat, hasil sementara pemungutan suara dan informasi lain yang bisa menyukseskan pesta demokrasi tersebut, katanya.

Menurut dia, teman-temannya anggota ORARI yang tersebar di 15 kabupaten dan kota selama ini sering memberikan dukungan komunikasi mengenai kondisi suatu daerah dan peristiwa bencana alam.

Selain itu, jika terjadi aksi unjuk rasa di suatu tempat, kemacetan lalu lintas, bencana banjir, tanah longsor dan kebakaran di kawasan permukiman penduduk atau kebakaran hutan pada musim kemarau bisa disebarluaskan informasinya kepada masyarakat dan pihak berwenang.

Dengan adanya dukungan komunikasi itu, katanya, diharapkan masyarakat bisa mengetahui berbagai informasi mengenai Pemilu 2014 dengan cepat dan bisa memotivasi mereka untuk berpartisipasi mencegah berbagai hal yang dapat mengganggu jalannya pesta demokrasi rakyat itu.

Begitu juga pihak kepolisian dan instansi terkait lainnya, dengan adanya informasi yang disampaikan dari anggota Orari yang memiliki identitas jelas dapat menjadi acuan untuk melakukan tindakan antisipasi terjadinya kondisi yang lebih buruk, memberikan pengaman dan perlindungan kepada masyarakat, kata pemegang kode panggilan udara YC4JMS itu.

Sebelumnya Ketua ORARI Sumsel Hamzah Sakban mengatakan pihaknya akan memberikan dukungan komunikasi setiap aktivitas masyarakat dan berbagai institusi di daerah ini.

Untuk memberikan dukungan komunikasi pada Pemilu Legislatif yang tinggal sekitar empat bulan lagi itu, pihaknya pada setiap kesempatan berupaya mendorong seluruh anggota Orari selalu mempersiapkan pesawat radio komunikasinya agar selalu siap digunakan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, kata Hamzah.

Sementara anggota KPU Sumsel Divisi Sosialisasi dan Kampanye Ahmad Naafi mengatakan dalam melakukan sosialisasi berbagai tahapan penyelenggraan Pemilu Legislatif 2014, sangat mengharapkan dukungan dari semua lapisan masyarakat.

Dukungan yang diberikan oleh anggota ORARI di daerah ini diharapkan dapat diberikan oleh kelompok masyarakat lainnya sehingga informasi terkait penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat itu dapat terdistribusi dengan baik hingga masyarakat di pelosok desa, katanya.