Dinas Pariwisata OKU bangun fasilitas wisata Lesung Bintang

id Aufa S Sarkomi , dinas pariwisata, bangun fasilitas wisata oku

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan membangun fasilitas objek wisata Lesung Bintang di Desa Laya, Kecamatan Baturaja Barat guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di wilayah itu.

"Kami telah membuat tangga serta beberapa bangunan, di antaranya pembersihan lahan, serta pembuatan empat shelter," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Ogan Komering Ulu (OKU), Aufa S Sarkomi di Baturaja, Minggu.

Dia menambahkan, dengan perbaikan tangga, diharapkan bisa mempermudah bagi pengunjung untuk sampai di puncak.

Pihaknya juga sengaja melakukan pembersihan di kawasan wisata itu agar bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

"Pembangunan fasilitas pendukung sendiri menelan dana sekitar Rp157 juta. Pada 2014, rencananya kami buat talut atau penyangga tanah agar tidak amblas, terlebih lagi sekarang ini musim penghujan di kawasan itu rawan longsor," katanya.

Dikatakannya, dengan dipercantiknya kawasan Lesung Bintang bisa menambah tempat wisata di dalam kota, sehingga masyarakat tidak kesulitan lagi mencari tempat berwisata alternatif.

Sementara, keberadaan Lesung Bintang, menurut legenda dulunya digunakan masyarakat untuk menumbuk padi pada acara khusus.

Selain Lesung Bintang, di sekitar tempat tersebut juga terdapat tapak kaki sebelah kiri, sedangkan tapak kaki sebelah kanan ada di sekitar Gua Putri.

Di sana juga ada legendanya, juga ada peta Kota Baturaja. Pihaknya nanti meminta arkeolog untuk diselidiki, siapa tahu di sekitar kawasan wisata itu ada candi yang harus dilindungi.

"Kami juga akan membangun menara Pandang setinggi delapan meter, untuk memudahkan memantau dan pengamanan kawasan wisata tersebut" katanya.

Di samping itu juga, untuk menambah fasilitas rekreasi sebentar lagi akan dibangun water park di kolam renang di pusat Kota Baturaja, ungkapnya.(E Permana)