Menpan: perizinan perlu diaudit

id menpan, menpan azwar abubakar

Menpan: perizinan perlu diaudit

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengatakan, perizinan perlu diaudit karena keberadaannya masih banyak yang kurang efektif.

Sehubungan itu pihaknya bersama BPK akan mengaudit perizinan, kata menteri kepada wartawan usai menghadiri Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi Pemerintah Provinsi Sumsel bersama kabupaten dan kota di Palembang, Selasa.

Ia mengatakan, selama ini mengenai perizinan masih belum transparan sehingga masyarakat dan pengusaha kadang-kadang tidak mengerti dan terlalu banyak yang seharus tidak begitu perlu.

Begitu juga bagi pengusaha pemula perizinannya sama dengan yang sudah mapan padahal harus dibedakan, katanya.

Sehubungan itu pihaknya akan mereformasi keberadaan perizinan termasuk dalam melakukan audit.

Kesemuanya itu dilakukan karena perizinan hak rakyat dan pengusaha sehingga dalam proses penerbitannya harus dipermudah melalui reformasi dan mengaudit.

Di samping itu, peningkatan pelayanan kepada masyarakat sudah diatur dalam undang-undang, sehingga harus diutamakan pemerintahan.

Selain itu dengan adanya pelayanan yang baik maka peningkatan pembangunan serta ekonomi akan semakin berkembang.

Namun, kesemuanya itu dilakukan sesuai dengan manajemen berbasis kinerja yakni perencanaan, pengukuran, laporan, evaluasi dan hasil kinerja.
Pewarta :
Editor: M. Suparni
COPYRIGHT © ANTARA 2021