Pesta sate semarakan Idul Adha di Palembang

id pesta sate, sate, idul adha, kurban

Pesta sate semarakan Idul Adha di Palembang

Ilustrasi - Sate (Foto Antarasumsel.com/Awi)

...Perayaan Hari Raya Haji atau Idul Kurban di Palembang, semakin semarak dengan adanya kegiatan pesta bakar sate daging hewan kurban yang digelar warga kota di sejumlah kawasan permukiman penduduk...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pesta sate daging sapi dan kambing hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha 10 Dzulhijah 1434 Hijriah ini menambah semarak hari raya yang dikenal warga Kota Palembang, Sumatera Selatan dengan sebutan Hari Raya Haji.

Perayaan Hari Raya Haji atau Idul Kurban di Palembang, Selasa malam, semakin semarak dengan adanya kegiatan pesta bakar sate daging hewan kurban yang digelar warga kota di sejumlah kawasan permukiman penduduk.

Berdasarkan pantauan tampak warga memanfaatkan momentum hari besar agama Islam itu saling mengunjungi guna mempererat tali silaturahmi dan menggelar pesta sate daging sapi dan kambing yang diperoleh dari sanak kelaurga atau hasil kegiatan memotong hewan kurban sendiri.

Suasana semarak lebaran idul kurban itu terutama pada kawasan permukiman penduduk di pinggiran kota seperti kawasan Perumnas Kenten Sako, Kampung 5 Ulu Laut, kawasan Tangga Buntung dan Jalan Hulubalang Bukit Besar.

Kegiatan bakar sate di kawasan permukiman penduduk tersebut tampak semakin seru hingga Jumat malam, karena tamu yang datang ke rumah-rumah penduduk terutama yang menggelar pesta sate semakin ramai.

Salah seorang warga Bukit Besar Rita mengatakan, dia sengaja membuat pesta bakar sate pada lebaran idul kurban ini karena melakukan pemotongan satu sapi dan dua kambing.

Sesuai ketentuan daging sapi dan kambing telah dibagikan kepada fakir miskin dan warga yang berhak menerimanya, dan beberapa bagian jatah pemilik kurban dibagi-bagikan kepada tetangga dan sanak keluarga dalam bentuk sate.

Dengan kegiatan pesta sate daging sapi dan kambing tersebut, suasana hari raya haji ini semakin seru serta bisa lebih mempererat rasa kekeluargaan atau tali silaturahim antartetangga, teman sejawat, serta sanak keluarga, ujarnya.