"Blue print" literasi keuangan diluncurkan 19 Oktober

id ojk, blue print, cetak biru, literasi keuangan, keuangan

"Blue print" literasi keuangan diluncurkan 19 Oktober

Otoritas Jasa Keuangan - OJK (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

...Literasi keuangan itu akan memberikan pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan dalam mengelola keuangan...
Makassar (ANTARA Sumsel) - Direktur Pengembangan Kebijakan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan Anto Prabowo mengatakan, regulator siap meluncurkan"blue print" (cetak biru) literasi keuangan pada 19 Oktober 2013.
        
"Literasi keuangan itu akan memberikan pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan dalam mengelola keuangan," kata Anto disela-sela workshop OJK untuk wartawan di Makassar, Minggu.
        
Menurut dia, literasi keuangan merupakan strategi yang mengintegrasikan masyarakat dengan jasa atau produk keuangan. Selain itu, memberikan edukasi akan produk keuangan yang melindungi.
       
Dengan demikian, lanjut dia, masyarakat dapat mengetahui berinvestasi yang aman, membedakan produk legal dan ilegal, serta bagaimana masyarakat lembaga jasa keuangan yang menerbitkan produk itu resmi atau tidak.
        
"Melalui ini, akan terjadi disiplin pasar dan sistem pasar pun akan sehat. Konsumen tidak lagi dianggap sebagai objek, tetapi sebagai mitra," katanya.
        
Dia mengatakan, ke depan literasi keuangan ini juga diperkenalkan pada siswa tingkat SD hingga SMA dan sekolah sederajat. Khusus kalangan mahasiswa, akan diberikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik literasi keuangan.
        
Tujuan dari KKN tematik tersebut untuk mengedukasi mahasiswa, sekaligus mengharapkan mahasiswa menulakan pengetahuan keuangannya pada masyarakat desa,  sehingga tidak mudah lagi diiming-iming dengan lembaga keuangan yang menawarkan bunga tinggi atau yang lainnya.
        
"Banyaknya kasus investasi bodong di lapangan, karena ketidaktahuan masyarakat tentang jasa keuangan mana yang resmi dan tidak, termasuk hal-hal lainnya," katanya.