Kodam Sriwijaya dilibatkan pengamanan tamu utama ISG

id pangdam, amankan, isg, apel pengamanna, tni, pengamanan isg

Kodam Sriwijaya dilibatkan pengamanan tamu utama ISG

Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo (depan) didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Saud Usman Nasution (kanan belakang) pada apel gelar pasukan Operasi Pengamanan VVIP pesta olahraga "Islamic Solidarity Games" atau ISG di Palembang, Juma

...Personel itu akan ditempatkan di ruang kedatangan Presiden termasuk Raja atau pejabat utama negara peserta...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Panglima Daerah Militer II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Bambang Budi Waluyo mengatakan, pihaknya siap mengamankan kedatangan tamu utama menghadiri kegiatan event olahraga negara-negara Islam "Islamic Solidarity Games/ISG" di Palembang, 22 September- 1 Oktober 2013.

"Saat ini sudah diturunkan ribuan personel mendukung pengamanan kegiatan olah raga itu," kata Pangdam kepada wartawan usai melepas pasukan pengamanan tamu utama ISG di Palembang, Jumat.

Nantinya personel itu akan ditempatkan di ruang kedatangan Presiden termasuk Raja atau pejabat utama negara peserta.

Pengamanan itu penting karena pelaksanaan pesta olahraga negara-negara Islam tersebut harus berlangsung aman, lancar dan sukses, katanya.

Dalam kesempatan itu Pangdam juga minta para prajurit yang bertugas untuk selalu berkoordinasi dengan instansi terkait.

Selain itu harus peka terhadap lingkungan untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan terutama saat kedatangan tamu negara peserta ISG.

Namun, kata dia, kalau ada permasalahan yang akan mengganggu ketertiban masyarakat bila perlu ditindak tegas.

Petugas harus lebih mengutamakan pendekatan terlebih dahulu dalam menyelesaikan permasalahan, terutama gangguan keamanan.

Mengenai gelar pasukan pengamanan sendiri, menurut dia, tujuannya untuk melihat kesiapan pasukan dalam bertugas.

Selain itu untuk mengecek peralatan yang digunakan dalam pengamanan pesta ISG, katanya.

Pangdam berharap, pesonel yang ikut dalam pengamanan hendaknya melaksanakan tugas secara ikhlas, sehingga amanat yang dilaksanakan berjalan lancar serta tidak menjadi beban.