Sepuluh negara pastikan ikuti bola voli ISG

id isg, bola voli, voli, sekum pbvsi, pbvsi sumsel

Sepuluh negara pastikan ikuti bola voli ISG

Islamic Solidarity Games (ISG) (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 10 negara dipastikan mengikuti cabang bola voli pada event olahraga negara-negara Islam "Islamic Solidarity Games III" di Palembang, 23-30 September 2013.

"Negara-negara tersebut dipastikan mengikuti cabang bola voli setelah panitia pelaksana tidak menerima konfirmasi mengenai pengunduran diri hingga lima hari sebelum penyelenggaraan," kata Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia Sumatera Selatan Faisol Duhai selaku panitia penyelenggara di Palembang, Kamis.

Ia mengemukakan, hingga kini tidak ada peserta yang mengundurkan diri dan panitia mencatat terdapat 10 negara yakni Indonesia, Iran, Qatar, Mesir, Libya, Turki, Kamerun, Turmekistan, Kuwait, dan Arab Saudi.

Kontingen dari negara-negara peserta itu diperkirakan mulai berdatangan di Palembang pada 20-21 September mendatang untuk melakukan persiapan menjelang pertandingan.

Semua atlet dan ofisial bola voli akan ditempatkan di Hotel Sanjaya karena relatif dekat dengan arena pertandingan yang berada di Palembang Sport Convention Center.

Terkait dengan jadwal pertandingan, menurutnya tetap sesuai rencana mengingat tidak ada pengurangan peserta seperti yang terjadi pada cabang olahraga sepak bola dan bola basket.

"Sejauh ini tidak ada perubahan tapi penetapan akhir mengenai jadwal pada rapat teknik satu hari sebelum pertandingan perdana," katanya.

Terkait dengan kesiapan panitia penyelenggara, ia menyatakan optimitis akan sukses menggelar ISG karena telah berkoordinasi sejak satu bulan terakhir.

Selain itu, arena pertandingan telah sesuai standar internasional yakni sebuah gedung berpendingin udara dengan kapasitas 4.000 penonton.

"Saya optimitis penyelenggaraan menuai sukses karena Sumatera Selatan telah memiliki pengalaman menggelar pertandingan internasional seperti seri Kejuaraan Asia Pasifik tahun 2012 dan SEA Games tahun 2011," katanya.

Sebanyak 44 negara ambil bagian pada perhelatan olahraga negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam, yakni Aljazair, Azerbaijan, Brunei Darussalam, Burkino Fasao, Mesir, Guyana, Indonesia, Iran, Iraq, Kuwait, Libya, Maladewa, Maroko, Malaysia, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Sudan, dan Suriah, Tajikistan.

Kemudian, Turkmenistan, Turki, Uni Emirat Arab (UEA), Uganda, Yaman, Guinea, Mauritania, Gambia, Nigeria, Yordania, Togo, Pantai Gading, Senegal, Kamerun, Monzambik, Libanon, Tunisia, Somalia, Bahrain, Jibuti, Bangladesh, dan Chad.

Perhelatan olahraga ISG itu sendiri telah berlangsung dengan mempertandingkan cabang olahraga bola basket pada Minggu (15/9) dan sepak bola (19/9) meski secara resmi akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 22 September 2013 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring.