ISG di Palembang diliput TV Al Jazeera

id liputan, tv al jazeera, qatar, isg, palembang

ISG di Palembang diliput TV Al Jazeera

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Kehadiran stasiun televisi berbahasa Arab dan Inggris yang berbasis di Doha, Qatar, ini menjadi kebanggaan sendiri bagi tuan rumah Sumatera Selatan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Stasiun televisi ternama Al Jazeera akan meliput perhelatan olahraga Islamic Solidarity Games III di Palembang, 22 September hingga 1 Oktober 2013.

"Panitia pelaksana telah mendapatkan konfirmasi dari stasiun televisi Al Jazeera mengenai keikutsertaan meliput ISG," kata Ketua Panitia Pelaksana Islamic Solidarity Games (InaISGOC) Sumsel Muddai Madang di Palembang, Sabtu.

Kehadiran stasiun televisi berbahasa Arab dan Inggris yang berbasis di Doha, Qatar, ini menjadi kebanggaan sendiri bagi tuan rumah Sumatera Selatan.

"Setidaknya melalui stasiun televisi internasional ini membuat Palembang, Sumatera Selatan, akan dikenal di dunia intenasional berkat menjadi tuan rumah ISG," katanya.

Selain Al Jazeera, kata dia, Palembang juga akan didatangi personel dari Starsport dan Worldsport yang juga ingin meliput ajang akbar pertemuan negara-negara Islam anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ini.

Untuk itu, penyelenggara telah menyiapkan Pusat Media Center atau Main Press Center (MPC) di Gedung Bank Sumsel Babel, kawasan Jakabaring.

"Akan digunakan satu lantai di Gedung Bank Sumsel yang khusus untuk melayani kebutuhan wartawan, baik media cetak maupun elektronik, dengan dilengkapi peralatan teknologi informasi," katanya.

Stasiun televisi Al Jazeera ini menjadi populer setelah serangan 11 September 2001 karena menyiarkan rekaman pernyataan Osama bin Laden dan pimpinan al-Qaeda lainnya.

Al Jazeera diperkirakan memiliki 50 juta pemirsa yang tersebar di seluruh dunia.

Sementara itu, sebanyak 38 negara telah memastikan sebagai peserta ISG, Algeria, Azerbaijan, Brunei Darussaslam, Burkino Fasao, Mesir, Guyana, Indonesia, Iran, Iraq, Kuwait, Libya, Maladewa, Maroko, Malaysia, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Sudan, dan Suriah.

Kemudian, Tajikistan, Turkmenistan, Turki, Uni Emirat Arab (UEA), Uganda, Yaman, Guinea, Mauritania, Gambia, Nigeria, Yordania, Togo, Pantai Gading, Senegal, Kamerun, Monzambik, dan Libanon.

Empat negara yang masih dinantikan konfirmasinya hingga Sabtu, yakni Gabon, Tunisia, Somalia, dan Jibuti.