Undip-Universitas California kerja sama teliti autisme

id teliti, autisme, undip, universitas california, kedokteran

...Kasus anak autis secara internasional mengalami peningkatan cukup besar dari tahun ke tahun, demikian pula di Indonesia sehingga perlu perhatian seluruh pihak atas kondisi itu...
Semarang (ANTARA Sumsel) - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang bekerjasama dengan University of California, Davis, Amerika Serikat melakukan penelitian di bidang kedokteran, yakni tentang autisme.
         
"Sebenarnya, kami telah cukup lama menjalin kerja sama dengan UC Davis, terutama Fakultas Kedokteran," kata Pembantu Rektor IV Undip Prof Sultana MH Faradz usai penandatanganan MoU di Semarang, Senin.
         
Menurut dia, kasus anak autis secara internasional mengalami peningkatan cukup besar dari tahun ke tahun, demikian pula di Indonesia sehingga perlu perhatian seluruh pihak atas kondisi yang terjadi itu.
         
Ia mengatakan Undip akan melakukan penelitian bersama UC Davis berkaitan dengan penanganan kelainan genetik dengan gejala autis, terutama menyangkut penyebab yang berkaitan dengan faktor genetis.
         
"Kami juga akan memperluas penelitian hingga pada tes dan terapi bagi mereka yang menyandang autisme. Tak menutup kemungkinan, kerja sama juga diperluas ke fakultas-fakultas lain di Undip," kata Sultana.
         
Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan penandatanganan MoU dengan UC Davis ini merupakan perpanjangan kerja sama untuk empat tahun ke depan dan nantinya tidak terbatas hanya pada Fakultas Kedokteran.
         
"Sejak empat tahun lalu, kami bekerja sama dengan UC Davis dalam bidang kedokteran. Tahun ini, diperpanjang lagi kerja samanya dan dibuka kemungkinan penjajakan dengan fakultas-fakultas yang lain," katanya.
         
Bentuk kerja sama yang sudah dilakukan, kata Sudharto, antara lain penelitian bersama di bidang kedokteran, pengiriman dosen untuk belajar ke UC Davis setiap dua tahun, dan publikasi di jurnal internasional.
         
Sementara itu, Medical Director of The MIND Institute UC Davis Prof Randi J Hagerman menyambut baik kerja sama dan penelitian yang dilakukan selama ini dengan Undip, terutama dengan Fakultas Kedokteran.
         
Ia menjelaskan Indonesia memiliki banyak peneliti kesehatan yang hebat, seperti Prof Sultana dari Undip yang menjadi pelopor penelitian kedokteran tentang "fragile X" yang menjadi gen penyebab autisme.
         
Pihaknya saat ini memang tengah mengembangkan penelitian tentang autisme, termasuk hingga terapi yang harus dilakukan sehingga kerja sama yang telah terjalin dengan Undip selama ini perlu dilanjutkan.
         
Tidak menutup kemungkinan, kata Randi, kerja sama serupa secara lebih lanjut akan dikembangkan dengan fakultas-fakultas lain di Undip, seperti Fakultas Psikologi dan Fakultas Peternakan dan Pertanian.