Lupis legit manis untuk berbuka

id lupis, lupis manis

Lupis legit manis untuk berbuka

Kuliner lupis yang di jual pedagang di salah satu kawasan pasar beduk Palembang, Selasa (23/7). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Bila anda bosan dengan pilihan bersantan atau sirup manis, lupis legit yang manis cocok untuk jadi pilihan berbuka di bulan Ramadhan ini.

Hidangan asal Jawa yang berbahan dasar beras ketan ini memang cukup diminati sebagai pilihan berbuka puasa.

Rasanya legit dan dingin di tenggorokan. Dalam hal itu ketan menjadi kekuatan saat bersentuhan dengan gigi dan lidah hingga menyentuh kerongkongan.

Salah satu penjual lupis di Pasar bedug halaman perguruan Muhamadiyah, Merry, menjelaskan ketan yang digunakan untuk membuat lupis tidak melulu harus ketan putih.

Ia pun membuat variasi makanan berpelengkap kuah gula merah itu dengan ketan hitan yang tak kalah gurih dari ketan putih.

"Mau putih atau hitam sama-sama enak," kata dia.

Kuah gula merah sendiri meski hanya menjadi pelengkap punya peranan sendiri dari makanan yang biasa dijadikan tradisi hajatan di pulau Jawa itu.

"Gula sengaja dipilih gula merah Linggau yang manisnya khas," jelasnya.

Dengan demikian legitnya lupis yang dibalut kelapa parut itu dapat beradu dengan gula merah khas Linggau menjadi satu kesatuan tidak boleh dilewatkan untuk dicoba.

karena itulah penjualnya Merry selalu mampu meludeskan dagangan lupisnya menjelang maghrib.

Untuk satu buah lupis Merry memberikan harga yang cukup terjangkau Rp3.000 baik ketan merah maupun ketan putih.

Dalam sehari saja Merry mampu menghabiskan sekitar empat belas kilogram beras ketan yang dibuatnya menjadi ratusan lupis dijual di pasar Bedug.

Meski demikian ia juga menerima pesanan di luar kesibukannya di pasar bedug maupun hari biasa.