MUI imbau warga bersedekah melalui masjid

id mui, mui palembang

MUI imbau warga bersedekah melalui masjid

Ilustrasi. (FOTO antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Majelis Ulama Indonesia Palembang mengimbau warga menyalurkan sedekah melalui masjid dan panti asuhan serta tempat resmi lainnya, supaya penyalurannya tepat sasaran kepada yang berhak menerima.

"Hindari bersedekah dengan memberikan kepada pengemis dan anak jalanan karena pihaknya mensinyalir adanya upaya mencari keuntungan dari praktek meminta-minta yang terkoordinir," kata Ketua MUI Palembang, Saim Marhadan, Rabu.

Menurut dia, maraknya pengemis di kota pempek selama Ramadhan memang bukan pemandangan baru.

Namun, ternyata kehadiran mereka meminta-meminta terorganisir secara baik.

Ia mengatakan, jumlah pengemis selama Ramadhan biasanya semakin ramai.

Hal itu, terkait dengan bulan Ramadhan menjadi momentum bagi umat muslim bersedekah sebanyak-banyaknya.

Dia menjelaskan, menyampaikan sedekah ke masjid dan yayasan yatim piatu yang terdaftar tentunya menjadi tindakan bijaksana.

Karena, kalau diberikan ke pengemis biasanya tidak dimanfaatkan secara baik tetapi cenderung digunakan dengan cara tidak benar, seperti untuk membeli minuman keras.

Sebelumnya, Kepala Satuan Pol PP Palembang, Aris Saputra mengatakan pihaknya akan menindak tegas pengemis dan anak jalanan yang beraktivitas di kota pempek.

"Kami akan membina pengemis dan anak jalanan hingga Idul Fitri di panti yang memang khusus menampung warga bermasalah secara sosial," katanya.