Persediaan gas elpiji selama Ramadhan cukup

id elpiji, gas elpiji 3 kg, persedian gas palembang, elpiji palembang

Persediaan gas elpiji selama Ramadhan cukup

Ilustrasi - Seorang warga tengah membeli gas elpiji 3 Kg. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Persediaan gas elpiji di Kota Palembang selama Ramadhan dan Idul Fitri dijamin cukup, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, kata Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palembang Yustinus.

Berdasarkan data dan laporan Pertamina persediaan elpiji ukuran tiga kilogram dan 12 kg selalu mencukupi dan penyalurannya juga akan merata, kata Yustinus kepada wartawan usai rapat persiapan Ramadhan di Palembang, Jumat.

Sehubungan itu masyarakat tidak perlu khawatir akan kehabisan peresediaan bahan bakar untuk memasak tersebut, karena Pertamina sudah menyiapkan selama puasa mendatang.

Begitu juga mengenai harga, diharapkan tidak akan mengalami kenaikan terutama di pangkalan, karena itu telah dilakukan perjanjian.

Harga Eceran Tertinggi (HET) elpiji sudah ditetapkan terutama di pangkalan, sehingga penjualannya tidak lebih dari ketetapan itu, kata dia tanpa menyebutkan HET dimaksud.

Jadi bagi pangkalan menaikan harga pihaknya akan memberikan tegoran bila perlu pencabutan izin karena elpiji merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat.

Namun, untuk mengantisipasi persediaan dan kenaikan harga, pihaknya akan melakukan pemantauan terutama di pangkalan elpiji.

Apalagi saat puasa nanti keberadaan elpiji perlu terus dimonitor sehingga penyalurannya tidak terjadi menumpukan.

Dengan adanya kontrol diharapkan persediaan elpiji selalu ada dan harganya tidak melebihi HET yang telah ditetapkan terutama di pangkalan.