Atlet wushu Sumsel masuk pelatnas SEAG Myanmar

id wushu, atlet wushu sumsel, pelatnas sea games myanmar

Palembang (ANTARA Sumsel) - Atlet wushu Sumatera Selatan Sazli Rais masuk Pemusatan Latihan Nasional persiapan SEA Games XXVII di Myanmar 2013 berkat keberhasilan meraih medali emas pada Kejuaraan Nasional Senior 2013.

"Kejurnas wushu di Pekan Baru, 27-30 Mei, menjadi ajang seleksi SEA Games, dan dipastikan Sazli akan masuk Pelatnas karena meraih medali emas. Sumsel tinggal menanti surat resminya saja," kata Pelatih Wushu Sumsel Ahmad Yani di Palembang, Jumat.  

Ia berharap atlet Sumsel akan ikut mengharumkan nama Bangsa Indonesia di ajang internasional.    
Ia mengemukakan Sazli Rais yang menjadi andalan Sumsel berhasil memukul KO wakil DKI Jakarta Rian Heri pada partai final kelas 75 kilogram, Kamis (30/5).

Penampilan gemilang atlet senior Sumsel pada partai puncak itu juga mendapat perhatian dari pemandu bakat Pengurus Besar Wushu Indonesia.

"Harapannya, Sazli mampu menembus tim inti dalam proses pemilihan atlet di Pelatnas nanti karena dalam SEA Games di beberapa tahun terakhir selalu minus atlet Sumsel," ujarnya.

Ia menambahkan atlet Sumsel peraih medali emas PON tahun 2008 Irwanto sempat mengikuti Pelatnas persiapan SEA Games tahun 2009, namun gagal masuk tim inti karena secara tiba-tiba nomor spesialisasinya tidak dipertandingan oleh tuan rumah.

"Jika Sazli mampu masuk Tim SEA Games maka ini menjadi sejarah baru bagi Sumsel," katanya.

Pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) kelompok senior yang berlangsung 28-30 Mei itu, Sumsel mengirimkan empat orang atlet. Tiga atlet lainnya, Herawati, Mahdum Prabowo, Nur Hadi.

"Selain Sazli, yang berhasil membawa pulang medali yakni Herawati dengan memperoleh perunggu kelas 48 kilogram. Sementara, dua atlet lainnya tergelincir pada babak awal," katanya.