Prancis minta bantuan interpol temukan permata dicuri dalam festival Cannes

id berlian cannes

Prancis minta bantuan interpol temukan permata dicuri dalam festival Cannes

Ilustrasi (Foto IST)

Paris (Antara/PNA/Xinhua-0ANA) - Polisi Prancis awal pekan ini menarik perhatian  global dengan meminta bantuan  Organisasi Polisi Kriminal Internasional (Interpol) untuk mencari kalung berlian yang dicuri pekan  lalu selama festival film Cannes.

Perhiasan yang dicuri pada 22 Mei  itu "adalah salah satu dari 20 permata yang dipamerkan  di bawah pengawasan penjagaan keamanan ketat  saat dicuri," kata Interpol dalam satu pernyataan.

"Berlian dan kalung emas merah muda itu diperkirakan senilai  1,92 juta euro (2,48 juta dolar AS), telah dicuri selama pesta pribadi di Hotel Eden Roc di Antibes, Prancis, yang diselenggarakan oleh toko perhiasan Swiss Di Grisogono," tambah Ibterpol.

Atas permintaan pihak berwenang Prancis, Interpol telah mengeluarkan Maklumat Ungu kepada kepolisian di 190 negara  anggotanya, meminta mereka untuk melaporkan kepada polisi setempat atau nasional atau  Sekretariat Jenderal Interpol di Lyon, Prancis, untuk setiap petunjuk mengenai pencurian atau keberadaan barang yang dicuri ketika ditemukan.

Maklumat Ungu digunakan untuk mencari atau memberikan informasi tentang modis operandi, benda, perangkat dan metode penyembunyian yang digunakan oleh penjahat.

Penerjemah: A. Krisna