Mahasiswa FH Unila juara karya tulis Otda

id fh, karya tulis, juara, unila

...Harapan saya semoga dapat menang di tingkat nasional dan ikut mengharumkan nama FH Unila...
Bandarlampung (ANTARA Sumsel)  - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lampung (FH Unila), Andhika Prayoga, mahasiswa bagian Hukum Administrasi Negara, menjadi juara I Provinsi Lampung dalam Sayembara Nasional Karya Tulis Otonomi Daerah (otda).
        
"Harapan saya semoga dapat menang di tingkat nasional dan ikut mengharumkan nama FH Unila," ujar Andhika yang juga Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Unila tersebut, di Bandarlampung, Kamis.
        
Dalam sayembara yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) itu, Andhika mengusung makalah berjudul "Penguatan Otonomi Daerah Berbasis Green Regulation".
        
Makalah tersebut memaparkan bahwa birokrasi izin lingkungan hidup yang multisektoral berpotensi menghambat penegakan perlindungan lingkungan hidup di daerah.
        
"Otonomi daerah adalah wewenang pemerintah daerah untuk mengelola rumah tangganya sendiri termasuk di dalamnya pengelolaan lingkungan hidup melalui instrumen pengawasan dan perizinan," ujar Andhika menjelaskan.
        
Kewenangan tersebut, ujar dia, dilaksanakan berdasarkan produk hukum daerah yang bernuansa lingkungan hidup ("green regulation") dengan basis partisipasi publik serta rehabilitasi lingkungan.
        
"Kewenangan tersebut dapat dilaksanakan secara efektif jika dibarengi dengan reformasi dengan cara penyederhanaan perizinan di bidang lingkungan hidup," kata Andhika pula.
        
Andhika selanjutnya akan mewakili Provinsi Lampung ke tingkat nasional untuk bersaing dengan para peringkat satu dari seluruh provinsi di Indonesia.