Reni Anggraini wakili Indonesia ke Kejuaraan Asia

id reni, atlet anggar sumsel

Reni Anggraini wakili Indonesia ke Kejuaraan Asia

Atlet anggar Sumsel Reni Anggraini (Foto Antarasumsel.com/Dolly R)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Atlet anggar terbaik Sumatera Selatan Reni Anggraini kembali mewakili Indonesia pada ajang internasional dengan mengikuti Kejuaraan Asia di Shanghai, China, 3-10 Juni 2013.

"Reni menjadi satu-satunya wakil Indonesia pada Kejuaraan Asia meski semula Pengurus Besar Ikatan Anggar Indonesia mengajukan tiga orang nama," kata pelatih Anggar Sumsel Lucky Ramdhani di Palembang, Rabu.

Ia menerangkan, keikutsertaan atlet muda Sumsel itu lantaran prestasi yang ditorehkan dalam beberapa tahun terakhir, diantaranya meraih medali emas SEA Games 2011, medali perunggu Kejuaraan Asia U-23 di Fhilipina 2012.

Kemudian, medali emas dan perunggu PON XVIII di Riau 2012, medali perunggu Kejuaraan Asia Tenggara (SEAFF) 2012 di Vietnam, dan pada Kejuaraan Dunia di Kroasia, 28 Maret-14 April 2013 menempati urutan ke-44.

"Penunjukan ini merupakan apresiasi atas prestasi Reni serta upaya PB Ikasi untuk mengangkat prestasi Indonesia di dunia internasional dengan memberikan pengalaman bertanding bagi atlet muda," katanya.

Sementara, Reni menyatakan fokus mempersiapkan diri mengikuti ajang bergengsi tingkat Asia itu dengan berlatih intensif setiap hari di Arena Anggar Jakabaring, Palembang.

"Lantaran anggar tidak dipertandingkan pada SEA Games Myanmar 2013, maka saya fokus berlatih di daerah karena tidak ada pemusatan latihan nasional," ujar peraih medali emas PON Riau ini.

Terkait dengan kesiapan mental, ia menyatakan berusaha fokus meski terdapat sejumlah permasalahan non teknis, menyusul belum mendapatkan kepastian mengenai jaminan pekerjaan dari pemerintah daerah.

Reni yang disalurkan Pemerintah Provinsi Sumsel bekerja di PT Bank Sumsel Babel sebatas ditawari menjadi petugas keamanan (satpam) atau penjaga malam saat melapor ke perusahaan itu pada 13 Mei 2013.

"Saya berusaha tegar dan menguatkan orangtua untuk bersabar meski merasa sangat sakit hati," kata atlet berusia 20 tahun ini.